2024-02-05 16:21:40 | Natindo Cargo

7 Cara Membeli Tas Grosir dari China

Tas grosir dari China telah menjadi salah satu pilihan populer bagi banyak orang di seluruh dunia. Kualitas yang baik, harga yang kompetitif, dan beragam desain merupakan beberapa alasan mengapa orang memilih untuk membeli tas dari produsen China. 

Nah, ketika Anda baru pertama kali mengimpor tas grosir dari China, terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Selain itu, Anda juga perlu untuk belajar segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembelian ini, mulai dari menyaring platform penyedia layanan pembelian hingga cara memesan sampel untuk produk tas yang Anda inginkan.

Pesanan pertama Anda dapat berubah menjadi sebuah bencana besar bila Anda mengabaikan beberapa langkah tadi. Hal ini juga dapat membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang sudah direncanakan. Oleh sebab itu, di bawah ini terdapat beberapa hal-hal penting yang perlu  Anda pertimbangkan saat mengimpor tas grosir secara online berdasarkan laman HunterSourcing.

 

1. Desain

Gambaran mengenai tas grosir yang Anda butuhkan mungkin sudah ada dalam pikiran Anda. Di sisi lain, Anda mungkin juga saja telah melihat tas-tas cantik di beberapa situs seperti Pinterest dan Anda ingin memproduksinya untuk pelanggan Anda. Dalam situasi seperti ini, Anda perlu memilih produsen yang menyediakan layanan duplikasi.

Produsen akan meminta Anda mengirimkan gambar-gambar yang ingin Anda duplikasi dan mereka akan membuat desainnya. Setelah itu, mereka akan mengirimkan sampel tas kepada Anda untuk dimintai persetujuan. Baik itu tas fungsional atau tas kerja, pastikan bahwa produsen dapat memberikan hasil yang sama persis dengan apa yang Anda butuhkan.

 

2. Sampel

Sampel merupakan contoh produk dari barang yang Anda rencanakan untuk dipesan dari pemasok. Anda dapat meminta sampel dari banyak pemasok, sehingga Anda dapat membandingkan kualitasnya. Ketika mencari tas custom, produsen seharusnya dapat membuat sampel yang sesuai dengan produk yang Anda butuhkan. 

Mereka akan mengirimkannya kepada Anda, sehingga Anda dapat melihat dan mencobanya secara langsung. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan akhir. Selain itu, pemasok yang baik harus menawarkan jaminan kualitas, sehingga bila produk akhir tidak sebaik sampelnya, maka mereka dapat memproduksi ulang atau mengembalikan uang Anda.

 

3. MOQ (Minimum Order Quantity)

Minimum Order Quantity (MOQ) adalah salah satu istilah penting yang akan Anda gunakan saat berkomunikasi dengan calon pemasok online. Hal ini mengacu pada jumlah unit yang nantinya Anda perlukan. MOQ terbagi menjadi dua jenis, yaitu MOQ produk dan MOQ pesanan.

MOQ produk mengacu pada jumlah minimum unit yang harus Anda pesan, sedangkan MOQ pesanan mengacu pada jumlah total pesanan yang harus Anda capai sehingga Anda dapat membeli barang dari pemasok. Akan tetapi, MOQ masih dapat dinegosiasikan. Anda hanya perlu menghubungi pemasok dan mengajukan pertanyaan terkait MOQ ini.

 

4. Harga

Setelah menghubungi pemasok, tanyakan harga untuk tas yang Anda butuhkan. Hal ini secara khusus berlaku untuk pemasok yang tidak menampilkan harga di situs web mereka. Sama pentingnya ketika mencari tas grosir melalui situs Alibaba, di mana harga produk sering kali tidak akurat. Beberapa produsen dikenal karena menampilkan harga lebih rendah untuk menarik lebih banyak pelanggan, tetapi mengenakan biaya lebih tinggi setelah mereka melakukan pesanan.

 

5. Sertifikat (sertifikat bahan dan audit pabrik)

Semua perusahaan di daratan China yang terdaftar memiliki lisensi usaha. Sebelum mendaftarkan bisnis apa pun, registrar melakukan audit terhadap banyak faktor dan akhirnya dapat mengesahkan bila semua standar yang ditetapkan telah dipatuhi. Mereka juga melakukan audit ulang secara berkala saat perusahaan memperbarui sertifikasinya. Pemasok yang menyediakan sertifikat pendaftaran dapat membuktikan bahwa mereka telah memenuhi semua standar yang sudah ditetapkan. Tentunya, Anda ingin bekerja sama dengan pemasok tas yang sudah memiliki sertifikasi, bukan?

 

6. Ketentuan dalam Pengiriman 

Jangan lupa untuk memerhatikan metode pengiriman yang akan digunakan oleh pemasok untuk mengirim pesanan Anda. Nantinya, jenis pengiriman yang Anda pilih akan menentukan waktu pengiriman produk. Berikut adalah beberapa istilah perdagangan yang umum:

EXW (Ex-Works Price)

Istilah ini mengacu pada biaya produk Anda. Biaya pengiriman dan biaya ekspor tidak termasuk di dalamnya.

FOB (Free on Board atau Freight on Board)

FOB menandakan biaya pengiriman barang Anda ke pelabuhan terdekat sudah termasuk. Namun, Anda akan bertanggung jawab atas pengiriman dari pelabuhan tersebut. Anda juga akan membayar semua biaya yang terkait dengan pengiriman barang ke alamat rumah atau negara Anda.

CIF (Cost, Insurance, and Freight)

Istilah ini mengacu pada harga yang sudah termasuk asuransi dan biaya angkutan laut untuk mengirim barang ke pelabuhan terdekat. Namun, setelah barang tiba di pelabuhan, Anda harus mengurusnya sendiri.

CNF (Cost and Freight atau Cost, no Insurance, Freight)

Istilah ini mirip dengan CIF. Namun, asuransi tidak termasuk di dalamnya.

 

7. Waktu Pengiriman

Waktu pengiriman adalah juga perlu Anda pertimbangan saat membeli tas dalam jumlah besar dari China. Waktu pengiriman bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Beberapa perusahaan akan mengirim dalam 14 hari terlepas dari lokasi, tetapi masih ada yang akan memerlukan waktu 30-60 hari untuk pengiriman. Oleh sebab itu, Anda dapat menanyakan kepada pemasok mengenai lamanya waktu pengiriman tas grosir Anda.

 

Membeli tas dari China bisa menjadi investasi yang menguntungkan jika Anda mengikuti panduan ini dengan cermat. Dengan pemilihan pemasok yang tepat, perencanaan yang baik, dan pengawasan yang ketat, Anda dapat menikmati produk berkualitas dengan harga yang bersaing. Selamat berbelanja!

 

Baca Juga: Kenali FOB Shipping Dan Jenis Transaksi

Bagikan

Artikel Terkait

Kenali Berbagai Keuntungan dan Risiko dalam Bisnis Impor dari China
Baca Selengkapnya
Mengenal Lebih Dekat dengan Mata Uang Renminbi
Baca Selengkapnya
Cara Promosi Produk Impor di Sosial Media
Baca Selengkapnya
5 Alasan Konsumen Lebih Memilih Produk dari China
Baca Selengkapnya
Kenali FOB Shipping Dan Jenis Transaksi
Baca Selengkapnya
Berbagai Istilah Import Untuk Solusi Pengiriman Bisnis
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!