2024-01-12 20:30:41 | Natindo Cargo

Manfaat & Jenis Dari Minimum Of Quantity ( MOQ )

Pemesanan barang ke beberapa produsen dan grosir membuat Anda menerapkan strategi minimum order quantity. MOQ (minimum of quantity) makin hari semakin tinggi. Hal ini dikarenakan pemasok dan supplier menolak beberapa pesanan dari pelanggan bila tidak memenuhi standard atau batas MOQ. Minimum of quantity untuk pembelian barang adalah strategi pemesanan yang bisa mengontrol inventaris Anda dengan baik. Anda juga bisa mengetahui beberapa jenis MOQ ini sebelum melakukan pemesanan barang secara online. 

A. Mengenal Minimum Order of Quantity : 

Bila Anda mengelola MOQ dengan baik dan hati-hati, ini akan menjadi strategi tepat untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Minimum Order of Quantity adalah jumlah barang atau unit yang paling sedikit yang dimiliki oleh perusahaan atau penjual yang mana mereka ingin menjual barang-barangnya tersebut kepada satu pelanggan atau pembeli. Walaupun pembeli tersebut menjual secara eceran, maka pihak pembeli harus memenuhi pembelian minimum kepada supplier atau penjual. 

Terkadang pihak pembeli atau pengecer membutuhkan MOQ puluhan atau ratusan unit tergantung pihak penjual yang menjual unit dan produknya. Biasanya harga MOQ juga jauh lebih murah dibandingkan Anda membelinya secara eceran. Ada beberapa penjual yang menjual barangnya secara grosir kepada pihak pengecer sehingga Anda akan kesulitan saat membelinya. Dalam dunia e commerce, barang inventaris adalah aset terbesar di dalam bisnis. Hal ini berguna untuk memenuhi permintaan pasar sehingga transaksi penjualan dan pembelian berjalan lancar. MOQ (minimum of quantity) import adalah tahun 2023 tidak terlalu banyak agar tidak terjadi stok mati yang tak laku untuk dijual. Hal ini akan menyebabkan pengecer rugi. 

MOQ adalah jumlah unit atau barang yang dibutuhkan ataupun dibeli dalam waktu tertentu. Di dalam bisnis e commerce, MOQ dipakai oleh pemasok atau supplier dalam konteks produksi sehingga menempatkan MOQ untuk beragam jenis pesanan yang tepat. Sebagai contoh, MOQ untuk bisnis adalah sebanyak 1000 barang. Anda tak bisa membelinya kurang dari 1.000 unit.

 

B. Manfaat Minimum Order of Quantity Import :

Pembeli maupun penjual pastinya mendapatkan manfaat yang sama ketika diterapkan minimum of quantity. Ada beberapa manfaat signifikan yang bisa dinikmati. Saat MOQ dikelola dengan baik, ini bisa menjadi indikator inventory control untuk menekan biaya pembelian dan menjaga keuntungan. Inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan menerapkan MOQ. 

 

C. Manfaat MOQ Untuk Penjual : 

Manfaat MOQ yang pertama unit meningkatkan arus kas bagi penjual. Hal ini memiliki dampak cukup baik juga signifikan. Ketika saat harga produk dan Pesanan dikelola dengen baik, maka MOQ akan membantu peningkatan oleh pemasok yang mempunyai arus kas flow yang baik. Minimum of quantity juga bisa membantu supplier untuk dapat menghemat biaya persediaan agar terkendali dan berjalan dengan lancar. 

 

D. Manfaat MOQ Untuk Pembeli/Konsumen: 

Pihak konsumen bisa mendapatkan harga per barang yang lebih murah ketika bekerja sama pengan penjual pengan menerapkan sistem minimum of quantity. Tentu saja Anda bisa menjualnya nanti untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

 

E. Jenis Jenis MOQ : 

MOQ adalah refleksi dari hambatan ekonomi bagi penjual terkait pemesanan barang dari Konsumen. Hal ini meliputi biaya Bahan, mesin dan lainnya. Ada beberapa Jenis MOQ saat transaksi seperti: 

Simple MOQ : yang paling umum digunakan oleh penjual atau pihak perusahaan. Kedua Complex MOQ : Jenis ini memiliki 2 Atau lebih syarat saat Anda ingin order import barang. Selain menerapkan minimum jumlah order biasanya penjual juga menerapkan panjang minimal kain atau sejenisnya.

 

Dengan memahami dan mengelola Minimum Order of Quantity (MOQ) dengan baik, baik penjual maupun pembeli dapat merasakan manfaatnya. MOQ tidak hanya meningkatkan arus kas dan efisiensi biaya bagi penjual, tetapi juga memberikan keuntungan harga lebih murah bagi konsumen. Jenis-jenis MOQ seperti Simple MOQ dan Complex MOQ memberikan fleksibilitas dalam bertransaksi. Oleh karena itu, memahami strategi MOQ dapat menjadi kunci sukses dalam pengelolaan bisnis dan pembelian.

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Tips Import Aksesoris Mobil Terbaik
Baca Selengkapnya
Metode Baru Cara Pengiriman & Pembayaran Barang Import
Baca Selengkapnya
Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
Cara Hitung Meter Kubik Untuk Mengukur Biaya Import China
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!