2024-03-05 23:25:26 | Natindo Cargo

Yuk, Kenalan dengan Alipay, Dompet Digital Populer Asal China

Di zaman yang semakin modern ini, transaksi menggunakan uang secara fisik sudah mulai digantikan dengan pembayaran secara cashless. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan dompet digital yang semakin banyak digunakan sebagai alat pembayaran. Di Indonesia sendiri, Anda dapat menemukan beberapa dompet digital populer yang banyak digunakan, seperti GoPay, OVO, ShopeePay, Dana, LinkAja, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan Indonesia, China juga mulai memberlakukan pembayaran secara cashless. Salah satu metode pembayarannya juga menggunakan dompet digital. Salah satu dompet digital yang populer di negeri tirai bambu ini adalah Alipay. 

Bagi Anda yang belum tahu mengenai Alipay ini, maka dapat menemukan penjelasannya di bawah ini. Yuk, disimak!

 

Apa itu Alipay?

Alipay adalah dompet digital yang saat ini paling populer di China. Pada tahun 2004, Alipay resmi hadir di China di bawah perusahaan teknologi terbesar Alibaba Group. Pada mulanya, perusahaan mengembangkan dompet digital ini sebagai metode pembayaran yang aman dan nyaman untuk platform e-commerce mereka, Alibaba.

Seiring dengan pertumbuhan teknologi dan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat untuk bertransaksi secara digital, Alipay telah mengembangkan sejumlah fitur yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi jutaan konsumen di China.

Alipay menawarkan berbagai layanan pembayaran, seperti pembayaran tagihan, transfer uang, pembelian online, dan pembelian offline di toko-toko fisik yang bekerja sama dengan Alipay. Selain itu, Alipay juga menyediakan fitur investasi dan pinjaman online.

Salah satu fitur unik dari Alipay adalah sistem penilaian kredit, yang dikenal sebagai Zhima Credit. Zhima Credit menilai kredibilitas pengguna Alipay berdasarkan berbagai faktor, seperti kebiasaan belanja, pembayaran tagihan, dan rekam jejak kredit. Nilai Zhima Credit pengguna kemudian dapat digunakan untuk memperoleh keuntungan atau dikenal juga sebagai loyalty program, seperti diskon pembayaran tagihan atau bunga lebih rendah untuk pinjaman.

Alipay juga memiliki fitur yang disebut Alipay Wallet, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang tunai di dalam dompet digital mereka. Pengguna kemudian dapat menggunakan uang tersebut untuk melakukan pembayaran di toko-toko fisik atau untuk membeli produk atau layanan online.

 

Keamanan dompet digital Alipay

Keamanan Dompet Digital Alipay

Keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam transaksi keuangan digital. Alipay menempatkan keamanan sebagai prioritas utama mereka dengan menggunakan teknologi enkripsi yang kuat untuk melindungi data dan transaksi pengguna. Alipay juga memiliki tim keamanan yang terlatih dan sistem deteksi penipuan yang canggih untuk menghindari tindakan penipuan dan pencurian identitas.

Selain itu, Alipay juga melakukan pemantauan secara real-time. Alipay memiliki pemantauan risiko real-time yang menggunakan data guna mendeteksi tingkat risiko pengguna serta mengawasi semua pembayaran yang berlangsung selama 24/7.

 

Apa Saja Kegunaan Alipay?

Alipay mempunyai banyak kegunaan yang sangat membantu dalam bidang finansial, di antaranya:

  • Pembayaran Online

Ketika menggunakan Alipay, para pengguna dapat melakukan pembayaran online dengan mudah dan cepat. Pengguna dapat melakukan pembayaran untuk berbagai macam produk dan layanan, seperti tiket pesawat, hotel, belanja online, dan masih banyak lagi.

  • Transfer Uang

Alipay juga memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke pengguna lain dengan mudah. Jadi, tidak perlu khawatir bila orang yang ingin dikirimkan uang berada di tempat yang berbeda. 

  • Layanan Kesehatan

Selain pembayaran online, Alipay juga dapat digunakan untuk mengakses layanan kesehatan dengan sangat mudah. Anda juga dapat melakukan pendaftaran di klinik, melakukan janji dengan dokter dan memesan obat secara online.

  • Investasi

Alipay juga menyediakan layanan investasi untuk pengguna, seperti investasi reksa dana dan pasar saham. Pengguna dapat melakukan investasi dengan mudah melalui aplikasi Alipay.

  • Layanan Keuangan 

Selain kegunaan-kegunaan di atas, Alipay juga menawarkan layanan keuangan lainnya, seperti pinjaman online, pembelian asuransi, dan layanan kredit.

Dengan berbagai kegunaan yang ditawarkan oleh Alipay, tidak heran bila aplikasi ini menjadi sangat populer di China dan telah diadopsi oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Alipay?

Terdapat dua cara melakukan pembayaran menggunakan Alipay yang Anda lakukan. Anda dapat melakukannya secara online atau membayar langsung di toko. Sebelum melakukan pembayaran, Anda harus memastikan bahwa saldo Alipay masih mencukupi. Jika Anda ingin melakukan pembayaran secara online, Anda hanya perlu memilih Alipay sebagai metode pembayaran pada halaman checkout barang. Selanjutnya, penjual akan menerima pembayaran Anda melalui Alipay. Pastikan juga untuk memilih Alipay sebagai metode pembayaran sebelum melanjutkan transaksi.

Sementara itu, Alipay juga memungkinkan pembayaran langsung di toko dengan menggunakan ponsel. Terdapat dua metode pembayaran langsung yang dapat Anda lakukan. Nantinya, pihak kasir akan memindai kode QR yang terdapat di ponsel Anda. Lalu, Anda dapat memasukkan nominal pembayaran untuk menyelesaikan pembayaran. Metode lainnya, Anda yang akan memindai QR Code yang sudah tersedia di kasir.

Di sisi lain, toko yang sudah bergabung dengan jaringan Alipay tidak perlu lagi membeli peralatan apapun untuk mengumpulkan pembayaran. Mereka hanya perlu memberikan kode QR mereka kepada pembeli.

Dapat dilihat bahwa Alipay merupakan salah satu dompet digital yang terus berkembang dan menawarkan banyak layanan finansial kepada para penggunanya di seluruh dunia. Dalam hal teknologi, keamanan, dan inovasi, Alipay terus menjadi pemimpin dalam industri keuangan digital dan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna di seluruh dunia, secara khusus di China. 

 

Baca Juga: Manfaat & Jenis Dari Minimum Of Quantity ( MOQ )

Bagikan

Artikel Terkait

Mengenal AliPay dan Cara Daftar Akunnya di Indonesia
Baca Selengkapnya
Intip Marketplace Online Luar Negeri yang Bisa Kirim Barang ke Indonesia
Baca Selengkapnya
5 Jenis Mainan Impor dari China yang Paling Laku di Indonesia
Baca Selengkapnya
Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China
Baca Selengkapnya
Cara Hitung Meter Kubik Untuk Mengukur Biaya Import China
Baca Selengkapnya
Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!