2024-03-08 21:14:16 | Natindo Cargo

Pengertian Pengekangan Ekspor Sukarela

Voluntary Export Restraints (VER) atau pengekangan ekspor sukarela merupakan pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah pada jumlah barang yang dapat diekspor ke luar negeri selama periode waktu tertentu. Seringkali “sukarela” ditempatkan dalam tanda kutip karena pengekangan ini biasanya diterapkan atas desakan negara pengimpor. Biasanya VER muncul ketika industri yang bersaing mencari perlindungan dari lonjakan impor dari negara-negara pengekspor tertentu. VER kemudian ditawarkan oleh eksportir untuk menenangkan negara pengimpor dan untuk menghindari dampak dari pembatasan perdagangan yang mungkin terjadi pada pihak importir. Jadi, VER jarang sepenuhnya sukarela.

VER biasanya diterapkan secara bilateral, yaitu mulai dari satu eksportir ke satu negara pengimpor. VER biasanya telah digunakan setidaknya sejak tahun 1930-an, dan telah diterapkan pada produk mulai dari tekstil dan alas kaki hingga baja, peralatan mesin dan pakaian. Mereka menjadi bentuk perlindungan yang populer selama tahun 1980-an ketika Jepang menggunakannya untuk membatasi ekspor pakaian ke AS, mungkin sebagian karena VER tidak melanggar perjanjian GATT.

Setelah Putaran Uruguay, menggantikan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) pada tahun 1994, anggota World Trade Organization (WTO) sepakat untuk tidak menerapkan VER baru, dan menghapus secara bertahap semua yang sudah ada dalam satu tahun, dengan beberapa pengecualian.

 

1. Pengekangan ekspor sukarela sebagai hambatan non-tarif : 

Pengekangan ekspor sukarela termasuk dalam kategori menjadi hambatan non- tarif. Hambatan non-tarif merupakan hambatan perdagangan diluar bea masuk. Contonya seperti kuota, embargo, pungutan sanksi, dan pembatasan lainnya. Biasanya VER merupakan hasil dari permintaan yang dibuat oleh negara pengimpor untuk memberikan perlindungan bagi bisnis domestiknya, meskipun perjanjian ini juga dapat dicapai di tingkat industri.

VER sering dibuat karena berbagai negara pengekspor lebih suka mengenakan batasan mereka sendiri daripada risiko mempertahankan persyaratan yang lebih buruk dari tarif atau kuota. 

Selanjutnya ada beberapa cara di mana perusahaan dapat menghindari VER. Misalnya, perusahaan negara pengekspor dapat membangun pabrik di negara tujuan ekspor. Dengan melakukan itu, perusahaan tidak perlu lagi mengekspor barang, dan tidak terikat oleh VER.

 

2. Dampak Sebab Akibat : VER membuat produsen di negara pengimpor mengalami peningkatan kesejahteraan, karena persaingan yang menurun, kenaikan harga, laba, dan kesempatan kerja. Terlepas dari manfaat ini bagi produsen, VER mengurangi kesejahteraan konsumen, dengan menciptakan efek perdagangan negatif, distorsi konsumsi negatif, dan distorsi produksi negatif.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Kubikasi Agar Import Semakin Mudah

Bagikan

Artikel Terkait

Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
Tips & Trik Menjual Barang Impor di Marketplace
Baca Selengkapnya
Ide Packing Barang Untuk Bisnis Impor Anda
Baca Selengkapnya
Kenali Jasa Import Undername Dan Kelebihannya
Baca Selengkapnya
Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China
Baca Selengkapnya
Berbagai Bisnis Impor Produk China Bikin Cuan
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!