2022-09-21 09:22:14 | Natindo Cargo

Mengenal Volumetrik dalam Jasa Pengiriman Barang

Secara umum, volumetrik adalah suatu istilah yang berhubungan dengan pengukuran volume. Beberapa dari Anda mungkin ada yang mengetahui istilah ini dalam metode analisis kimia. Ada juga yang mengenal istilah ini dalam dunia jasa ekspedisi atau pengiriman barang antar lokasi. Sebenarnya, istilah ini memang bisa Anda temukan di dalam kedua bidang tersebut. Namun pada artikel ini akan fokus pada penjelasan tentang apa itu volumetrik secara singkat. Simak ulasan selengkapnya berikut ini! 

 

Apa Itu Volumetrik dalam Pengiriman Barang?

Di dalam urusan pengiriman barang, volumetrik adalah pengukuran berat benda yang dihitung berdasarkan volumenya. Dari pengertian ini, kata volumetrik juga memiliki istilah penyebutan yang lain yakni berat volume atau volume weight.

Aspek berat seperti sangatlah penting untuk pengirim ketahui karena akan mempengaruhi berat barang kiriman beserta beban biayanya. Barang-barang yang melalui proses pengukuran berat volume akan disebut sebagai muatan volumetrik. Sistem berat volume ini  menggambarkan kepadatan suatu barang dan bukan berdasarkan dari massa barang (kg/gram) seperti biasanya. Barang kiriman dengan kepadatan rendah (kurang padat) biasanya akan menempati lebih banyak volume ruang daripada berat sebenarnya.

 

Dari sini pihak pengirim akan memasang harga ongkir lebih tinggi pada barang yang memiliki tingkat kepadatan rendah karena memakan lebih banyak ruang dalam kontainer pengiriman tersebut. Sistem pengukuran volumetrik tak memperhitungkan berat massa benda. Dengan kata lain benda yang berukuran besar akan tetap memiliki harga ongkir lebih tinggi meskipun benda tersebut terbilang sangat ringan daripada jenis benda kecil lainnya yang punya massa lebih tinggi (lebih berat).

Biasanya terdapat beberapa perusahaan jasa pengiriman barang yang menerapkan sistem pengukuran seperti ini untuk menetapkan besaran tarif ongkir. Meski sebenarnya, ada juga penyedia jasa ekspedisi yang menggunakan sistem pengukuran lain yakni berat sebenarnya atau actual weight. Lantas apa bedanya sistem pengukuran berat barang sesungguhnya dengan berat volume? 

 

Perbedaan Berat Volumetrik dan Berat Barang Sesungguhnya : 

Secara umum jasa pengiriman barang baik dalam lingkup domestik maupun luar negeri menerapkan dua sistem pengukuran berat barang yakni actual weight

(berat barang sebenarnya) dan volume weight (berat volumetrik). Pernahkah Anda merasa terkejut dengan tingginya harga ongkir saat akan mengirimkan barang padahal beratnya tergolong sangat ringan tak sampai 1 kg? 

Hal ini karena jasa ekspedisi tersebut menggunakan sistem pengukuran berat volume, bukan berat sesungguhnya. Sebenarnya, hal apakah yang membedakan kedua jenis berat barang tersebut, Ini dia penjelasan singkatnya.

 

1. Berat Volumetrik : 

Sistem berat ini menggunakan acuan volume barang sebagai standar pengukuran berat dan penetapan besaran ongkos kirim. Cara menghitung jenis berat ini adalah dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi barang menggunakan satuan sentimeter.

 

2. Berat Asli : 

Jenis pengukuran ini biasanya diterapkan dalam perhitungan yang mana berat atau massa benda terhitung lebih kecil daripada berat volumetrik. Jika berat barang dalam timbangan menunjukkan angka 10 kg, maka pihak pengirim akan menagih besaran ongkir sesuai dengan massa benda barang tersebut. Jadi sebelum mengirimkan suatu barang ke lokasi tujuan, tanyakan dulu sistem pengukuran berat yang mereka gunakan. 

Terlepas dari apapun ukurannya, Natindo Cargo akan siap membantu Anda mengurus segala mekanisme pengiriman barang dengan tuntas juga  profesional.

 

Natindo Cargo Jasa Pengiriman Barang Impor China Profesional :

Pilihan antara sistem pengukuran berat sesungguhnya dan volumetrik sebenarnya sama-sama baik. Asalkan, Anda tak boleh salah pilih layanan jasa pengiriman barang apalagi saat akan mengimpor barang usaha dari luar negeri. Untuk urusan impor barang, langsung percayakan saja dengan Natindo Cargo yang telah berpengalaman melayani ratusan ribu keperluan pengiriman barang dari China, Hongkong, Korea Selatan, Thailand, Singapura, dan Taiwan. Bagaimana, apakah Anda punya keperluan impor barang untuk keperluan usaha? Yuk segera konsultasi sekarang juga untuk keperluan Anda bersama kami dengan menghubungi kontak Natindo Cargo Selamat mencoba! 

Bagikan

Artikel Terkait

Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
Tips & Trik Menjual Barang Impor di Marketplace
Baca Selengkapnya
Ide Packing Barang Untuk Bisnis Impor Anda
Baca Selengkapnya
Kenali Jasa Import Undername Dan Kelebihannya
Baca Selengkapnya
Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China
Baca Selengkapnya
Berbagai Bisnis Impor Produk China Bikin Cuan
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!