2024-03-19 00:17:41 | Natindo Cargo

Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China

Sahabat impor pastinya harus mengetahui hal ini. Bisnis barang impor dari China memiliki banyak peluang yang cukup menjanjikan. Harga yang terjangkau, kualitas yang bersaing, dan jenis barang yang beragam jadi alasan utama kenapa barang impor dari China punya banyak peminat. Di balik peluangnya yang menjanjikan, ternyata memulai bisnis barang impor tidak mudah. Salah satu tantangannya adalah mencari distributor yang terpercaya. Sebagian pebisnis memilih mengimpor barang dari e-commerce dengan harga murah. Namun sebagian lagi datang langsung ke China untuk mencari barang yang akan mereka jual.

Khusus bagi Anda yang berkesempatan datang ke China, jangan lupa mampir ke pusat grosir China di Pasar Yiwu. Terletak di Provinsi Zhejiang, Pasar Yiwu berdiri di lahan seluas 640 hektare dan punya ribuan jenis barang. Daripada penasaran, simak artikelnya berikut ini : 

 

1. Apa yang Menarik Dari Pasar Yiwu:

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut Pasar Yiwu sebagai surganya pelaku bisnis di bidang perdagangan. Pasar Yiwu awalnya dibangun dalam satu distrik dan sekitar tahun 2002 dibuka untuk umum. Seiring berjalannya waktu, pasar ini jadi pusat grosir China terbesar dengan memiliki lima distrik yang terdiri dari 75 ribu kios, 100 ribu penyuplai, dan juga 400 ribu jenis produk.

Pasar ini juga termasuk memiliki 2 ribu kategori produk yang berbeda-beda, mulai dari perlengkapan dapur, mainan anak-anak, perlengkapan makeup, perlengkapan kantor, fashion, dan masih banyak lagi. Pasar yang buka setiap hari ini juga melayani pesanan online dari berbagai negara dengan pembelian satuan ataupun grosir.

 

2.Akses Menuju Pusat Grosir China :

Meskipun dikenal sebagai pusat grosir terbesar, tidak ada penerbangan internasional yang langsung menuju ke pasar ini. Jika ingin berkunjung ke Pasar Yiwu, importir biasanya mendarat di Guangzhou, Shenzhen, Shanghai, atau Hangzhou, kemudian dilanjutkan dengan pesawat lokal, bus antar kota, ataupun kereta api. Walaupun harus melakukan perjalanan cukup panjang, tapi waktu yang Anda habiskan sebanding dengan barang yang didapat. 

 

3. Tips & Trik Transaksi di Pasar Yiwu :

Banyaknya stand dan barang yang dijual di Pasar Yiwu sering kali membuat pembeli bingung dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli produk China untuk dijual lagi.

 

A. Tentukan niche market terlebih dahulu : 

Saat membeli barang di pusat grosir China maupun secara online di e-commerce, Anda harus menentukan niche market terlebih dahulu. Niche sama dengan kategori barang yang akan Anda jual. Apakah akan menjual produk fashion, home daily, makeup, mainan anak-anak, peralatan kantor, atau produk-produk lainnya. Jika perlu, Anda bisa membuat list produk apa saja yang akan dibeli selama di China. List ini akan memudahkan Anda dalam memilih barang yang sesuai dengan prioritas. 

 

B. Siapkan mata uang China : 

Setelah menentukan niche, jangan lupa menyiapkan mata uang China. Ada banyak money exchange yang bisa Anda temukan di sekitar lokasi Pasar Yiwu. Meskipun beberapa toko di pasar ini menerima pembayaran dengan mata uang asing, tapi akan lebih baik jika menukarkan uang dulu.

 

C. Hindari menggunakan agen : 

Saat berkunjung ke Pasar Yiwu, Anda akan menemukan banyak agen di sekitar lokasi tersebut. Para agen biasanya membantu calon pembeli yang terkendala bahasa. Meskipun peran mereka cukup penting, tapi sebisa mungkin hindari menggunakan jasa agen. Sebab menggunakan jasa agen akan membuat pengeluaran makin besar.

 

D. Perhatikan kualitas barangnya : 

Berbelanja di pusat grosir China pastinya tidak cukup dengan satu hari saja. Dengan jumlah ribuan stand, Anda akan menemukan berbagai barang dengan kualitas yang bervariatif. Pastikan setiap barang yang Anda beli memiliki kualitas bagus agar tidak menurunkan kepercayaan konsumen Anda nantinya. Oleh karenanya, Anda sebaiknya meluangkan waktu beberapa untuk mencari barang sembari mengecek kualitasnya.

 

jasa pengiriman terpercaya

E. Pilih jasa pengiriman terpercaya :

Selain mengenai barang yang dicari, Anda harus memikirkan jasa pengiriman yang akan dipakai. Jika pembelian barang secara grosir dan terdiri dari beberapa jenis, Anda tidak mungkin membawanya ke dalam pesawat saat pulang ke Indonesia. Khususnya dalam hal ini, Anda butuh jasa ekspedisi yang terpercaya dan profesional. Saat mencari jasa ekspedisi ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan, mulai dari layanan, tarif, reputasi, hingga regulasinya. 

 

F. Keuntungan Membeli Barang dari Pusat Grosir China Secara Langsung :

Tidak semua pebisnis beruntung bisa datang langsung ke China untuk membeli barang secara grosir. Banyak juga yang memilih membeli grosir lewat e-commerce seperti Alibaba, Taobao, dan lainnya. Apa keuntungan membeli barang secara langsung di pusat grosir China?

 

G. Banyak pilihan : 

Salah satu keuntungan berbelanja langsung di Pasar Yiwu adalah banyak pilihan barangnya. Anda bisa mencari berbagai barang di lima distrik yang ada di pasar ini. Dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda dapat membandingkan harga dan kualitas dari produk yang akan dibeli.

 

H. Bisa mengecek kondisi barang :

Bagi sebagian orang berbelanja di e-commerce kurang yakin karena tidak bisa melihat barang secara langsung. Apalagi beberapa barang perbedaan yang cukup mencolok antara di foto produk dengan aslinya. Dengan berkunjung langsung ke pusat grosir China, Anda bisa memeriksa sendiri kualitas produk yang akan dibeli, mulai dari warna barang, ukuran, hingga cacat tidaknya produk tersebut.

Keunggulan Bisnis Barang Impor dari China.Selain itu juga kenapa bisnis barang impor dari China diminati banyak orang. Dari segi profit pun, bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan selama ditekuni secara konsisten. Berikut ini beberapa keunggulan dari bisnis barang impor China.

 

I. Kualitas bagus tapi harga murah:

Mengenai barang impor dari China, image yang melekat adalah harga barangnya murah. Namun jangan salah, meskipun murah bukan berarti kualitasnya murahan. Kualitas barang dari China terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga tetap awet meskipun harganya terjangkau. 

 

J. Banyak Peminatnya : 

Tidak heran jika pusat grosir China tak pernah sepi pengunjung. Sebab barang impor dari China memiliki banyak peminat di berbagai negara. Barang yang unik dan tampilan yang lucu jadi salah satu alasan banyak orang membeli produk dari China. Tak hanya itu, dari segi harga pun, barang impor China lebih ekonomis.

K. Pengiriman ke seluruh dunia : 

Produk dari China bisa ditemukan di hampir seluruh negara. Bahkan banyak pembeli dari luar negeri yang datang langsung ke pusat grosir untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Hal ini tak terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, salah satunya dalam hal pengiriman yang bisa dilakukan ke seluruh dunia.

 

L. Mengurangi biaya produksi :

Bisa dibilang kalau barang impor dari China memiliki biaya rendah untuk suku cadang dan tenaga kerja, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai bisnis ini. Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda memiliki partner impor bisnis yang terpercaya dan profesional. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya sekitar 20-30%.

 

Noted : 

Pusat grosir China di Pasar Yiwu memang menjadi tempat ideal bagi importir untuk mencari barang dagangan mereka. Dengan harga yang terjangkau, barang tak terbatas, dan kualitas yang bersaing, Anda bisa memperoleh keuntungan menjanjikan dari bisnis ini. Selain pasar Yiwu, sebenarnya masih ada satu lagi pusat grosir China yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Guangzhou. Di kota ini terdapat Canton Fair yang merupakan event rutin pada bulan April dan Oktober. Yang membedakan antara keduanya adalah di Canton Fair didominasi oleh pabrik dan perusahaan besar di China. Sementara di Pasar Yiwu terdapat stand dari pabrik kecil, pabrik besar, hingga distributor. Jadi tunggu apalagi yuk segera konsultasikan kebutuhan bisnis Impor Anda bersama kami. Impor semakin murah,aman & efesien. 

 

Baca Juga: Kenali Jasa Import Undername Dan Kelebihannya

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Agar Bisnis Makin Lancar
Baca Selengkapnya
Berbagai Pengaruh Faktor Impor
Baca Selengkapnya
Hambatan Perdagangan Mulai Dari Konsep Jenis Juga Tujuan
Baca Selengkapnya
Fungsi Bill Of Lading Dalam Pengiriman Barang
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!