2024-03-19 00:14:03 | Natindo Cargo

Berbagai Bisnis Impor Produk China Bikin Cuan

Barang-barang hasil produksi dari China sangat mudah ditemukan di pasaran. Tentunya jika Anda perhatikan, produk China yang laris terjual tersebut terdiri dari berbagai macam varian produk seperti  barang-barang elektronik, fashion item, alat rumah tangga, alat kesehatan, dan barang-barang produksi lainnya. Negara China ini memang sudah terkenal menjadi pemasok produk ke berbagai negara.

 

1. Mengapa Produk China lebih murah:

Banyaknya barang produksi dari China yang tersebar di berbagai negara ini tidak lepas dari regulasi pemerintah yang mudah. Pada akhirnya semakin mudah proses impor barang dari Negeri Tirai Bambu membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan. Terlebih dengan biaya pengiriman yang terjangkau dan harga barang yang murah.

Tahukah Anda mengapa barang-barang produk China yang ada di pasaran bisa dijual dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan produk impor lainnya? Untuk lebih jelasnya simak beberapa alasan dan penjelasannya berikut ini.

 

2. Barang yang diproduksi terdiri dari berbagai kualitas :

Produsen barang di China biasanya membuat produk dengan berbagai kualitas dari yang kualitasnya biasa saja hingga yang kualitasnya tinggi. Kualitas produk yang biasa saja ini bukan berarti produknya tidak bagus, hanya saja biaya produksinya yang lebih rendah dan akhirnya kualitas barang pun mengikuti. Semakin tinggi kualitasnya maka biaya produksi yang dibutuhkan juga semakin banyak. Namun begitu perusahaan akan tetap memproses permintaan barang dari luar negeri dengan kualitas yang biasa saja asalkan barang atau produk tersebut dipesan dalam jumlah yang banyak. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi biaya produksi yang artinya harga jual produk atau barang tersebut bisa jauh lebih murah.

 

3.Biaya pekerja yang murah : 

Meskipun sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Perusahaan juga masih tetap berusaha meminimalkan biaya produksi dengan cara yang lain seperti menggantikan sebagian pekerja di perusahaan tersebut dengan mesin, dan juga tidak memberikan asuransi bagi pekerjanya. Namun begitu, karyawan atau pekerja disana bisa bekerja dengan tenang tanpa adanya konflik yang tercipta.

Maka dari itu jika sumber daya manusia (SDM) di China memiliki jumlah yang banyak dan kompetisi dalam mendapatkan pekerjaan juga tinggi, banyak pekerja yang mau digaji dengan jumlah yang tidak terlalu tinggi, sehingga hal ini dapat turut mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan harga barang yang dijual lebih murah bukan berarti kualitas produk dari China ini tidak bagus, apalagi dukungan pemerintah dalam mengurus perusahaan atau produsen barang untuk keperluan ekspor benar-benar diperhatikan, inilah faktor utama yang membuat harga jual produk China lebih murah ketika dijual di pasar domestik.

 

4. Bisnis impor produk China : 

Berbagai barang produksi China yang ada di Indonesia memang sangat laris dan banyak peminatnya, Situasi seperti ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha untuk membuka bisnis impor. Khusus Untuk Anda yang baru akan memulai bisnis ini, simak penjelasan berikut mengenai cara memulai bisnis impor agar tidak mengalami kerugian dan pastinya bisa main cuan juga sukses.

 

A. Pilih jenis barang yang banyak diminati oleh orang Indonesia :

Ketika memulai bisnis yang berkaitan dengan penjualan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui target pasar yang luas, hal ini berlaku juga pada bisnis impor. Anda harus mengetahui jenis barang atau produk seperti apa yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia, baru setelah itu tentukan jenis barang yang akan diimpor dari China seperti tas, sepatu, ponsel atau yang lainnya. Usahakan untuk tidak menjual barang yang target pasarnya terbatas.

 

B. Pastikan untuk mengimpor produk yang legal :

Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, pastikan untuk tidak menjual barang ilegal. Tentunya barang-barang ilegal ini akan menimbulkan masalah dan berdampak buruk bagi bisnis Anda.

 

C. Perhatikan biaya land cost :

Biaya land cost atau seluruh biaya pengiriman produk termasuk juga bea cukai perlu diperhatikan dengan baik. Biaya ini nantinya dijadikan pertimbangan saat Anda menentukan harga jual produk agar tidak mengalami kerugian.

 

D. Pilih supplier tetap :

Ketika jenis barang yang akan diimpor sudah ditentukan, selanjutnya Anda perlu menemukan supplier dari China yang dapat diajak bekerja sama. Pastikan untuk memilih supplier yang terpercaya dan berpengalaman, Anda bisa menemukannya di berbagai marketplace yang tersedia, kemudian periksa performa invoice supplier tersebut. Performa invoice ini merupakan dokumen yang berisi layanan yang diberikan oleh supplier dan bisa menunjukan kredibilitas dari supplier tersebut.

 

E. Perhatikan proses pengiriman :

Sarana pengiriman barang impor dari China bisa dilakukan melalui jalur udara dan laut, yang mana setiap sarana memiliki kelebihannya masing-masing. Misalkan Anda mengimpor barang dengan jumlah yang banyak, maka akan lebih menghemat biaya jika menggunakan jalur laut, tetapi waktu yang diperlukan hingga barang sampai di tangan Anda memerlukan waktu yang lama.

Jadi tunggu apalagi segera impor dengan Natindo Cargo untuk solusi bisnis Anda. Dijamin impor semakin murah, aman juga efesien. 

 

Baca Juga: Belanja Murah Di Marketplace 1688

Bagikan

Artikel Terkait

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Agar Bisnis Makin Lancar
Baca Selengkapnya
Berbagai Pengaruh Faktor Impor
Baca Selengkapnya
Hambatan Perdagangan Mulai Dari Konsep Jenis Juga Tujuan
Baca Selengkapnya
Fungsi Bill Of Lading Dalam Pengiriman Barang
Baca Selengkapnya
Dampak Impor Untuk Perekonomian
Baca Selengkapnya
Kenali Letter of Credit Mulai dari Definisi, Jenis & Fungsi
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!