2024-06-26 16:49:44 | Natindo Cargo

4 Cara Bayar Pajak Impor dari Alibaba

Penting bagi para importir yang sering bertransaksi dengan platform seperti Alibaba untuk memahami proses pembayaran pajak impor yang berlaku. Proses ini bisa menjadi rumit tergantung pada kurir yang digunakan. Artikel kali ini akan memberikan panduan untuk membantu Anda dalam mengatasi pembayaran pajak impor dari Alibaba dengan lebih baik.

1. Pilih Kurir dengan Bijak

Cara bayar pajak impor dari Alibaba tergantung pada pilihan kurir yang Anda gunakan. Sebagai contoh, Aliexpress sering menggunakan layanan EMS, yang merupakan bagian dari Pos Indonesia. Pastikan untuk mengetahui kurir yang digunakan oleh penjual Anda, karena setiap kurir memiliki prosedur pembayaran pajak yang berbeda.

2. Dapatkan Tracking Number atau AWB dari Penjual

Setelah barang Anda dikirim, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meminta nomor pelacakan (tracking number) atau Airway Bill (AWB) dari penjual. Nomor ini penting untuk melacak perjalanan barang Anda. Biasanya, nomor pelacakan ini akan diberikan secara otomatis saat status pengiriman barang sudah dikonfirmasi. Jika tidak, Anda dapat memeriksanya di situs EMS resmi dari Pos Indonesia di https://ems.posindonesia.co.id.

3. Pembayaran Pajak melalui Kantor POS Indonesia

Jika barang Anda dikirim menggunakan layanan Aliexpress Shipping Standard (yang masuk ke layanan EMS dari POS Indonesia), Anda perlu mengunjungi kantor pos pusat wilayah untuk melakukan pembayaran pajak. Biasanya, kurir POS akan mengirimkan rincian pembayaran ke lokasi Anda. Anda cukup memberikan surat rincian pembayaran dan melakukan pembayaran secara tunai di kantor POS tersebut.

4. Pembayaran Pajak untuk Kurir DHL, FedEx, TNT, atau Aramex

Jika Anda menggunakan kurir seperti DHL, FedEx, TNT, atau Aramex, pembayaran pajak biasanya sudah dilakukan terlebih dahulu oleh kurir. Namun, konfirmasi tetap diperlukan sebelum Anda menyetujui pembayaran. DHL Customer Service biasanya akan menghubungi Anda melalui nomor 021 – 29791111. Setelah menyetujui nominal yang telah ditetapkan, persiapkan uang tunai karena kurir DHL hanya menerima pembayaran secara langsung.

 

Natindo Cargo untuk Kemudahan Impor Barang Anda

Untuk memudahkan proses impor Anda, Natindo Cargo siap memberikan pelayanan yang profesional. Kami dapat membantu Anda mulai dari pembelian barang di marketplace China (seperti 1688.com, Alibaba.com, Taobao.com, dll), proses pembayaran, pengiriman, hingga tiba di gudang Jakarta. Jika Anda menginginkan solusi terpadu untuk impor dari Alibaba, Natindo Cargo adalah pilihan yang tepat.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi proses pembayaran pajak impor dari Alibaba dengan lebih mudah. Penting untuk selalu memahami aturan dan prosedur yang berlaku, serta memilih partner yang dapat memberikan dukungan penuh seperti Natindo Cargo untuk pengalaman impor yang lebih lancar.

 

Baca Juga: 5 Tips Belanja Online di Marketplace Alibaba

Bagikan

Artikel Terkait

Pengertian dan Fungsi Packing List
Baca Selengkapnya
Mengenal Nomor Resi Dalam Dunia Ekspedisi
Baca Selengkapnya
Laris Manis, Ini 5 Merek Skincare Asal China Terpopuler di Indonesia
Baca Selengkapnya
Perjanjian BETC: Pengertian, Tujuan, dan Pengaruhnya bagi Indonesia
Baca Selengkapnya
Mengenal ACFTA: Pengertian, Tujuan, dan Pengaruhnya bagi Indonesia
Baca Selengkapnya
CIF dalam Proses Impor: Pengertian, Aturan, dan Perbedaannya dengan FOB
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!