2023-04-13 05:06:56 | Natindo Cargo

5 Tips Belanja Online di Marketplace Alibaba

Di jaman serba modern seperti saat ini, siapa yang tidak tau Alibaba. Merupakan perusahaan e-commerce dengan konsep B2B, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma ini sukses menjadi salah satu raksasa e-commerce dunia. Bagi mereka yang punya hobi belanja di situs perdagangan elektronik asal China ini, tentu harus memahami tips belanja online di Alibaba. Pasalnya pasar online yang satu ini menyediakan beragam pilihan barang yang ditawarkan oleh banyak supplier. Sehingga agar terhindar dari tindak penipuan, ada baiknya untuk mengetahui tips aman berbelanja di marketplace alibaba berikut ini :

  

  1. Daftar dan LoginTerlebih Dahulu : 

Ketika ingin berbelanja di situs toko online, langkah pertama yang harus dilakukan tentu memiliki akun dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sehingga nantinya, proses berbelanja akan lebih mudah dan juga aman. Buka website Alibaba lalu daftarkan diri melalui website tersebut. Isi seluruh data diri Anda dengan benar dan jelas, guna untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman. Setelah berhasil terdaftar, login agar dapat melanjutkan aktivitas berbelanja.

 

  1. Pilih Barang Incaran Dengan Cermat :

Setelah berhasil masuk, Anda hanya perlu memilih barang yang Anda sukai dan menjadi incaran untuk dibeli. Namun Anda perlu meneliti dengan baik apakah supplier tersebut, merupakan supplier berkualitas dan terpercaya atau tidak, agar Anda terhindar dari tindak penipuan. Ada baiknya untuk memilih penyediaan produk yang telah terverifikasi dan memiliki predikat baik.

Predikat A&V untuk supplier yang telah lulus pemeriksaan keaslian, predikat Onsite Check yang mengindikasikan bahwa supplier benar adanya berbasis di China, serta predikat Assessed Supplier Check yang mengindikasikan bahwa supplier telah diverifikasi oleh pihak ketiga. Selain itu Anda juga dapat melihat dari riwayat transaksinya ataupun review dari konsumen lain.

 

  1. Filter Hasil Pencarian Agar Lebih Cepat : 

Untuk mempersingkat waktu, Anda dapat menyaring hasil pencarian dengan mengetik barang secara lebih spesifik. Caranya, cukup dengan menggunakan opsi “Option” yang terletak di sisi kiri halaman pencarian.

Contohnya Anda ingin mencari “baju”, agar lebih spesifik Anda dapat memilih “baju lengan panjang”, “baju tanpa lengan”, atau “baju lengan pendek”. Tambahkan pula kata kunci lainnya seperti warna, ataupun dapat mencari berdasarkan asal negara barang tersebut.

  1. Pesan & Negosiasi Barang : 

Setelah Anda yakin jika penyediaan produk tersebut aman dan terpercaya, langkah selanjutnya adalah memesan barang tersebut. Namun apabila Anda belum cukup yakin untuk memesan dan ingin melakukan tawar menawar dengan supplier, klik pada kontak supplier agar dapat menanyakan dan bernegosiasi terkait dengan harga barang tersebut.

 

  1. Pilih Metode Pembayaran Sesuai Kebutuhan : 

Langkah terakhir adalah memilih metode pembayaran untuk pesanan Anda. Alibaba menyediakan beragam metode pembayaran yang dapat dipilih, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Paypal, hingga Western Union.

Perlu diingat jika setiap transaksi di Alibaba akan dikenakan Fee Jasa belanja di Natindo Cargo :

Mulai dari belanja  : < Rp. 2.000.000 Fee 7.5% 

Rp. 2.000.000 - 19.999.999 Fee 6.5% 

> Rp. 20.000.000 Fee 5% 

 

Demikianlah informasi mengenai tips belanja online di Alibaba.  Apabila Anda tidak memiliki akun rekening bank China dan bingung bagaimana cara membayarkan kepada supplier, Anda dapat transfer uang ke rekening Natindo Cargo dalam bentuk Rupiah.

 

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait

Tips & Trik Menjual Barang Impor di Marketplace
Baca Selengkapnya
Ide Packing Barang Untuk Bisnis Impor Anda
Baca Selengkapnya
Kenali Jasa Import Undername Dan Kelebihannya
Baca Selengkapnya
Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China
Baca Selengkapnya
Berbagai Bisnis Impor Produk China Bikin Cuan
Baca Selengkapnya
Pengertian Bea Masuk Antidumping
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!