2024-03-19 00:11:49 | Natindo Cargo

Pengertian Bea Masuk Antidumping

Berdasarkan IBFD ( International  Tax Glossary 2015) mengenai dumping yaitu upaya memasukkan suatu produk ke dalam perdagangan Atau pasar negara lain dengan harga yang lebih rendah dari harga domestik di negara eskpor dan juga dibawah nilai normal produk. 

Praktik penetapan harga secara dumping biasanya muncul ketika pasar negara ekspor bersifat monopoli yaitu secara sementara pasar luar negara dengan kompetitif. Praktik dumping bakal dikecam jika hal tersebut menyebabkan kerugian material di industri negara lain. Selain itu juga praktik dumping juga dikecam kemungkinan bisa memperlambat pengembangan industri di negara berkembang. Hal ini bertujuan untuk mencegah praktik dumping di suatu negara dapat memungut bea masuk antidumping (BMAD) pada produk buangan tersebut. 

Sementara itu penjelasan BMAD yaitu bea diskriminativ atas barang impor yang diduga dibuang ke negara impor. BMAD bertujuan untuk melindungi produsen dalam negeri dari persaingan tidak sehat dengan pemasok barang yang sama di luar negeri. Selain tindakan antidumping ada pula tindakan sementara yang merupakan tindakan untuk mencegah berlanjutnya kerugian dalam masa penyelidikan. Tindakan sementara tersebut dapat berupa pengenaan sanksi BMAD sementara. BMAD sementara definisi sebagai Pungutan negara yang dikenakan pada masa penyelidikan terhadap barang dumping yang menyebabkan kerugian berdasarkan bukti permulaan yang cukup. Ini berarti BMAD dapat dikenakan karena kerugian yang “didakwakan” masih dalam tahap penelitian. 

BMAD dikenakan paling tinggi sama dengan margin dumping yaitu selisih antara nilai normal dengan harga eskpor barang dumping. Nilai normal merupakan harga yang sebenarnya dibayar untuk sejenis barang dalam perdagangan umum di pasar domestik khusus negara ekspor dengan tujan konsumsi. Sementara itu yang dimaksud dengan harga ekspor yaitu harga sebenarnya yang dibayar atau akan dibayar untuk barang yang diekspor ke negara lain. Adapun pengerjaan BMAD bukan merupakan instrument fiskal yang bertujuan untuk menambah penerimaan negara secara langsung. Community protection merupakan fungsi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang barang yang dibatasi dapat mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan dan keamanaan juga moralitas. 

 

Baca Juga: Manfaat & Jenis Dari Minimum Of Quantity ( MOQ )

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Agar Bisnis Makin Lancar
Baca Selengkapnya
Berbagai Pengaruh Faktor Impor
Baca Selengkapnya
Hambatan Perdagangan Mulai Dari Konsep Jenis Juga Tujuan
Baca Selengkapnya
Fungsi Bill Of Lading Dalam Pengiriman Barang
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!