2024-05-03 15:16:05 | Natindo Cargo

Lisensi Bisnis Impor di Indonesia

Mendapatkan SIUP merupakan salah satu syarat menjadi importir dan memulai bisnis impor di Indonesia. Salah satu hal terpenting yang diperlukan dan diinginkan oleh siapa saja yang ingin memulai bisnis di Indonesia dan mengimpor barang ke Indonesia adalah lisensi bisnis impor.

Tanpa lisensi bisnis impor, Anda tidak akan bisa melewati bea cukai. Tak peduli seberapa besar atau kecil pengiriman yang Anda lakukan, Anda harus mengajukan lisensi khusus ini sebelum bisa mengimpor barang ke Indonesia.

Anda sebaiknya tidak menunggu hingga saat-saat terakhir untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan persyaratan lisensi impor. Selain itu, Anda juga perlu tahu dari awal lisensi bisnis impor mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Oleh karena itu melalui artikel ini kami akan memberitahu Anda segala yang Anda perlu tahu sehubungan dengan mengajukan lisensi bisnis impor di Indonesia.

 

1. Tinjauan :

Per tahun 2017, Indonesia adalah ekonomi terbesar kedelapan di dunia berdasarkan keseimbangan daya beli. Setiap tahunnya untuk satu dasawarsa terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar rata-rata 5%. Dan dengan bantuan pertumbuhan ekonomi yang konsisten ini serta sumber daya alam yang makmur, seperti gas alam, minyak mentah, bahan bakar dansumber makanan di Indonesia telah naik status menjadi negara dengan pendapatan menengah level atas.

Perdagangan sangam berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan total nilai gabungan antara ekspor dan impor sebesar 37% Produk Domestik Bruto. Indonesia juga dikenal karena sejumlah besar barang yang diimpor lalu mengekspor kembali ke negara-negara tetangga.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis di Indonesia, berdagang dari bisnis Impor bisa menjadi opsi yang sangat bagus. Perusahaan asing dapat melakukan ini dengan menunjuk agen,distributor atau importir.

Informasi ini juga mungkin berguna. Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa pembaruan untuk menghapus persyaratan-persyaratan yang tidak diperlukan untuk beberapa kebijakan.

Hasilnya tentu adalah berita baik bagi kebanyakan ekspatriat, termasuk importir, karena lebih dari 31% proses lisensi dan prosedur pengujian yang tidak relevan dibatalkan oleh Kementerian Perdagangan, dan ini berlaku di lebih dari 15 entitas pemerintahan dan kementerian lisensi.

 

2. Pembatasan Impor di Indonesia (NPIK)

Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK) adalah KEHARUSAN bagi importir: beras, jagung, kacang kedelai, gula, tekstil dan produk tekstil, elektronik dan komponennya, mainan. Tanpa NPIK, semua barang ini dilarang untuk diimpor ke Indonesia.

Selain API dan NPIK, untuk barang-barang spesifik ini, Anda harus mencari tahu kementerian mana yang harus Anda kunjungi untuk mendapatkan sertifikat yang relevan saat memulai bisnis di Indonesia sebagai importir.

 

3. Jenis Barang Impor Yang Dilarang

Barang-barang di bawah ini dilarang untuk diimpor ke Indonesia. Sanksi berat berlaku bagi pelanggar hukum.

  1. Materi pornografi
  2. Obat-obatan terlarang dan narkotika
  3. Materi yang bersifat politik
  4. Senjata termasuk yang digunakan untuk olahraga dan berburu (dibutuhkan izin khusus)
  5. Bahan peledak, senjata api dan amunisi (dibutuhkan izin khusus)

 

4. Pajak Impor di Indonesia

Tarif impor berbeda-beda di Indonesia, dimulai dari 0 hingga 40%, tergantung pada kategori produk dengan kode HS yang Anda impor ke Indonesia. Pemberitahuan Impor Barang (PIB) termasuk 10% Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan 2.5% pajak penghasilan.

 

5. Solusi Layanan Impor Undername NATINDO CARGO

Jangan menyerah hanya karena banyak hal yang harus Anda lalui untuk mendapatkan lisensi impor. Di Indonesia, importir undername sangatlah umum untuk menjadi solusi bagi importir. Ini karena importir undername memiliki semua lisensi impor yang tepat dan siap untuk mengimpor barang yang ingin Anda bawa masukkan ke Indonesia.

Natindo Cargo dapat menjadi importir undername untuk Anda sehingga Anda dapat mengurangi biaya dan waktu yang sangat banyak yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi impor. Kami juga memastikan bahwa produk Anda berhasil melewati bea cukai dan tiba di Indonesia dengan aman. Belum lagi, analisa riset pasar kami yang lengkap membantu Anda dalam memutuskan barang apa yang sebaiknya Anda impor ke Indonesia jika ingin sukses memasuki pasar Indonesia. 

Segera Konsultasi Gratis sekarang juga untuk membahas bagaimana kami dapat membantu solusi bisnis impor Anda. 

 

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Agar Bisnis Makin Lancar
Baca Selengkapnya
Berbagai Pengaruh Faktor Impor
Baca Selengkapnya
Hambatan Perdagangan Mulai Dari Konsep Jenis Juga Tujuan
Baca Selengkapnya
Fungsi Bill Of Lading Dalam Pengiriman Barang
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!