2024-01-29 16:38:46 | Natindo Cargo

Kenali Fungsi & Jenis Barcode Scanner

Pengertian Barcode Scanner: 

Barcode scanner merupakan perangkat elektronik yang menjadi bagian penting dari dunia bisnis perdagangan. Penggunaan alat ini memudahkan transaksi sehingga diperlukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan proses jual beli. Barcode merupakan data optik yang terdiri dari bentuk garis bar Atau kode huruf dan juga angka yang dengan berbagai jarak dapat dibaca mesin. Kode tersebut berfungsi untuk membedakan jenis produk.  Cara kerja barcode sendiri dengan cara mengambil dan memindai simbol atau kode yang menjadi data elektrik kemudian mengirim ke komputer dalam format data sederhana dan bisa dikenali juga dibaca. Sedangkan alat pemindai dengen bentik gagana laser merah yang mengenali barcode, pada produk atau barang merupakan scanner barcode atau barcode reader. 

 

1. Fungsi Barcode : 

Secara umum fungsí ini merupakan penyimpanan informasi data spesifik yang berisi kode produksi, tanggal produksi dan expired ( kadaluarsa ) serta nomor identifikasi produk yang mendapat label kode bar Atau susunan garis vertikal hitam putih untuk menjadi pembede barang satu dengan lainnya. 

Fungsi lain yaitu : Mudah juga nyaman untuk input data juga prosesnya akan lebih cepat daripada pengerjaan manual, Sistem akurat barcode juga menghadirkan sistem pencatatan informasi degna akurat juga terpercaya. Untuk memaksimalkan SDM agar pembantu peningkatan kinerja manajemen khususnya dalam bisnis skala menegah maupun besar. Karena proses input menggunakan sistem. 

 

2. Berbagai Jenis Barcode Scanner : 

A. Hands free scanner : Jenis barcode untuk meningkatkan produktivitas dengan cara cukup meletakkan barcode scanner di tempat yang mudah dilihat ataupun dijangkau oleh pengunjung dan bisa melakukan sendiri.

 

B. Barcode Recorder: Jenis barcode ini bisa dikatakan sebagai penerjenah dengan komputer berfungsi memindai atau mengenali informasi barcode dalam bent format data. Barcode ini sangat membantu untuk jenis tidak dapat menerjemahkan barcode.

 

C. Camera Based Barcode Readers : Berfungsi untuk mengambil gambar dalam kode bar, dengan teknik Pengolahan secara digital.

 

D. Laser Barcode Scanner : Berfungsi untuk memudahkan pelanggan/customer untuk mengetahui jumlah harga yang harus dibayarkan. Pengguna juga harus tahu Mengenai jarak proses pemindai antara 6 hingga 24 inch atau 2-8 cm. 

 

E. Portable Data Terminal (PDT) : Jenis ini menggunakan baterai pada perangkatnya dalam menyimpan data memori kemudian untuk diupload. 

 

Baca Juga: Belanja Murah Di Marketplace 1688

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Standar Operasional Packing Barang Untuk Kualitas Terbaik Pengiriman Dari China – Indonesia
Baca Selengkapnya
Mengenal ACFTA: Pengertian, Tujuan, dan Pengaruhnya bagi Indonesia
Baca Selengkapnya
CIF dalam Proses Impor: Pengertian, Aturan, dan Perbedaannya dengan FOB
Baca Selengkapnya
Dijamin Enak! Ini 5 Rekomendasi Makanan Impor dari China
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!