2022-09-16 08:19:26 | Natindo Cargo

Berbagai Jenis Kontainer Memakai Alat Pendingin

Kontainer merupakan suatu jenis kemasan yang dirancang khusus dengan ukuran tertentu, dapat digunakan berkali kali sekaligus digunakan untuk menampung dan mengangkut muatan yang terdapat di dalamnya dalam waktu bersamaan. Kontainer ini sering kita jumpai di pelabuhan tempat kita mengirim dan menerima barang. Bukan hal yang aneh jika truk kontainer ini sering ditemukan di  jalan raya. Peti kemas ini juga dapat digunakan berkali - kali sebagai tempat penyimpanan barang untuk jangka waktu yang telah ditentukan. 

Box besar berbentuk persegi panjang ini dibuat untuk mengirim atau mengemas barang dalam jumlah besar. Apalagi peti kemas yang diangkut dengan truk besar dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Kontainer juga dapat diangkut dengan kereta api, kapal dan juga pesawat. Barang yang berada dalam peti kemas juga menjadi jaminan keamanaan.

Tipe - Tipe Kontainer Berdasarkan Ukuran Barang: 

Pada peti kemas memiliki dimensi dan karakteristik standar yang berkaitan dengan alur penanganan juga pergerakan dari satu alat angkut ke angkut lainnya. Adapun berbagai macam kontainer berdasarkan ukuran panjangnya sebagai berikut : 

  1. Container 20 FT: Untuk peti kemas dengan ukuran sepanjang ini muatan yang diangkut setara dengan sekitar 33 CBM atau 20 ton. 
  2. Container 40 FT : Ukuran kontainer 40ft bisa masuk ke dalam kategori medium size. Muatan peti kemas ini sekitar 60 Cbm atau sekitar 27 ton. 
  3. Container 45 FT :  Untuk ukuran kontainer terbesar ini dengan kapasitas terbesar. Total kapasitas muatan yang diangkut setara dengan sekitar 86 CBM atau 30 ton. 

Tipe Kontainer Berdasarkan Muatan Barang : 

Setelah mengenal berbagai tipe kontainer berdasarkan ukuran, kemudian kita akan mengenal tentang jenis kontainer berbasis muatan. 

 

  1. Dry Container Standar : ini merupakan jenis kontainer yang sering kita temui di jalan raya. Biasanya peti kemas ini dijuluki dengan istilah “ kontainer standar “ karena digunakan secara universal untuk mengangkut semua jenis muatan umum. 
  2. Open Top Container : Jenis ini juga bisa disebut peti kemas standar. Namun peti kemas ini hanya dapat mengangkut barang kering dengan kriteria muatan tinggi dan muatan berat. Selain itu juga proses pemuatan tidak bisa dilakukan secara normal. 
  3. Flatrack Container : Kontainer jenis ini memiliki satu sisi yang dapat dibuka. Namun kontainer ini sering digunakan untuk mengangkut alat berat atau beban berat.
  4. Refrigerated Container : Peti kemas ini memiliki alat pendingin dengan suhu yang dapat diatur hingga suhu terendah. Kontainer ini hanya berlaku untuk mengangkut bahan yang mudah busuk superti buah dan sayuran. 

 

Kontainer Reefer ini berrguna untuk berbagai barang yang perlu dikirim dengan produk yang peka terhadap suhu. Reefer bergantung pada freezer yang terletak pada eksternal kontainer. Umumnya kontainer ini mencakup 20ft & 40ft yang terbuat dari “Baja Corten”.

  1. Tank Container : Dari namanya kita bisa menebak bawa bentuknya mirip seperti tangki. Peti kemas ini dimaksudkan untuk mengangkut barang cair seperti : jus, minyak dan bahan kimia juga lainnya.
  2. Hanger Container : Kontainer ini dilengkapi dengan gantungan baju di dalamnya yang digunakan untuk menggantung pakaian saat pengiriman. 
  3. Fantainer Container : Kontainer yang memiliki ventilasi ini sering digunakan untuk mengangkut barang yang membutuhkan sirkulasi Udara yang baik. Misalnya kopi dan lainnya. 

 

 

 

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait

Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
5 Merk Motor Listrik Populer asal China
Baca Selengkapnya
Bagaimana Peluang Impor Bahan Tekstil dari China?
Baca Selengkapnya
Pengertian dan Fungsi Packing List
Baca Selengkapnya
Mengenal Nomor Resi Dalam Dunia Ekspedisi
Baca Selengkapnya
Laris Manis, Ini 5 Merek Skincare Asal China Terpopuler di Indonesia
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!