2022-06-20 14:23:08 | Natindo Cargo

Jasa Forwarder China Ke Indonesia Semakin Meningkat

Import merupakan istilah yang tidak asing lagi dalam kegiatan perdagangan internasional. Setiap barang impor mempunyai harga yang relatif terjangkau. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan profit penjualan. Tak heran, kehadiran jasa forwarder China ke Indonesia diprediksi akan terus meningkat berkembang.

Permintaan barang impor terus melonjak setiap tahunnya. Para pebisnis di Indonesia lebih memilih barang produksi dari China, mulai dari produk teknologi, pakaian, alat rumah tangga, hingga barang mentah yang siap diolah kembali. Maka dari itu, banyak penjual yang semakin berlomba-lomba mendatangkan barang dari China guna diperjualkan kembali.

Sayangnya, tidak semua orang paham mengenai proses impor barang, sehingga kebingungan dalam mengirim barang. Dalam bisnis impor, jasa forwarder China Indonesia memegang peranan penting karena membantu para pelaku bisnis untuk mengimpor barang dari luar negeri dengan mudah.

Jasa forwarder akan membantu para pengusaha juga pebisnis baik yang baru sama memulai sebuah bisnis hingga yang sudah berpengalaman. Nantinya, pihak forwarder akan membantu proses impor barang, baik permasalah pajak, bea cukai, dan surat perizinan. Dengan demikian, Anda hanya tinggal menunggu barang yang dipesan sampai ke lokasi tujuan Anda. 

 

Pengertian & Istilah Jasa Forwarder?

 

 

Sebelum membahas mengenai keuntungan, ada baiknya memahami pengertian jasa forwarder secara singkat. Forwarder merupakan pihak yang mempunyai usaha pengiriman barang dalam bentuk muatan atau cargo, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Forwarder juga dijadikan sarana bagi para importir untuk memperoleh nasihat mengenai tata cara pengemasan barang, aturan pemasukan barang dari negara tujuan, rute atau jalan terbaik untuk pengangkutan barang, pengaturan dokumen yang dibutuhkan, hingga pemantauan muatan ataupun cargo selama masa pengiriman.

Setiap jasa forwarder mempunyai beberapa tugas, yaitu melakukan sortasi barang hingga melakukan pengemasan, lalu melakukan proses pengukuran hingga penimbangan barang, pihak forwarder harus memperhitungkan biaya barang, dan mengklaim asuransi terhadap pengiriman barang. Selain itu, mereka juga bertugas menyelesaikan seluruh tagihan yang mencakup biaya lainnya dan berkaitan dengan pengiriman barang hingga sampai di tangan pelanggan secara langsung. Itulah peran penting forwarder China ke Indonesia tentu akan memberikan kemudahan di masa mendatang.

Alasan Pengguna Bisnis Impor Harus Menggunakan Jasa Forwarder?

 

Forwarder berperan penting dalam berjalannya proses pengiriman barang impor. Segala hal pengurusan pun akan ditangani oleh pihak forwarder. Hal ini sangat memudahkan pelaku bisnis tanpa perlu kebingungan lagi. Jika Anda sedang menjalankan bisnis barang import, sudah saatnya memanfaatkan jasa ini. Berikut beberapa alasan untuk menggunakan forwarder:

 

  1. Ketika impor barang, tentu Anda akan mengirim barang dalam jumlah yang besar sekaligus. Apabila proses pengiriman dikirim melalui jasa konvensional, sudah pasti ongkos kirim dan pajaknya akan lebih mahal.

 

  1. Saat membeli barang impor dengan jumlah yang relatif banyak, tentu membutuhkan izin impor atas barang tersebut. Jika diimpor oleh perorangan secara langsung, biasanya akan dibatasi jumlah maksimalnya. Bila ingin impor barang dalam jumlah besar, Anda harus membutuhkan surat izin tertentu. Sebagai solusinya, pihak forwarder akan membantu permasalahan izin tersebut.
  2. Beberapa barang tertentu mempunyai izin impor tertentu, seperti kosmetik, obat-obatan, makanan, hingga minuman. Melalui jasa forwarder china, nantinya proses perizinan ataupun dokumen yang dibutuhkan akan diurus. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan untuk mengatasi permasalahan ini.

 

  1. Permintaan barang terus meningkat setiap tahunnya. Pelaku bisnis pun harus mengatur pengeluaran dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi kerugian besar. Kegiatan impor barang dari luar negeri, tentu sangat membutuhkan biaya yang cukup besar. Dengan bantuan,  forwarder China ke Indonesia, biaya impor dapat diminimalkan karena tarif jasa forwarder lebih murah daripada harus mengurusnya secara perorangan.

 

 

  1. Ketika memanfaatkan jasa forwarder, para pelaku bisnis tidak perlu memesan barang dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya, pihak forwarder mempunyai sistem less container load memungkinkan para pelaku bisnis untuk mengirim barang import dalam jumlah kecil. Melalui sistem ini, dapat digunakan untuk membuat pesanan dalam hitungan beberapa orang. Pengiriman bisa dilakukan melalui jalur laut maupun udara.

 

  1. Selain melayani pengiriman dalam jumlah kecil, forwarder juga mempunyai sistem pengiriman dalam jumlah barang yang relatif besar. Artinya, jasa forwarder bisa lebih fleksibel mengenai jumlah hingga ukuran barang sekalipun.

 

 

  1. Setiap aktivitas ekspor dan impor akan semakin praktis dengan adanya bantuan jasa forwarder barang. Para pelaku bisnis tidak perlu terjun secara langsung untuk mengurus prosedur barang yang akan dikirim, sehingga bisa menghemat waktu juga tenaga.

 

Berbagai Keuntungan Menggunakan Jasa Forwarder?

 

Mungkin beberapa orang masih bingung, apa manfaat menggunakan jasa tersebut. Forwarder mempunyai storage yang luas, baik masalah pengiriman barang sebelum dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan. Cakupan tugas tersebut, menjadi alasan para forwarder selalu dibutuhkan dalam proses perdagangan barang ekspor dan impor. Lalu, apa keuntungan memanfaatkan forwarder China ke Indonesia di tahun ini & berikutnya?

1.    Proses Pengurusan Pengiriman Barang Lebih Cepat

Bukan rahasia umum, jika proses impor memang membutuhkan waktu yang lama, bahkan juga merepotkan. Jika Anda masih pemula dalam menjalankan bisnis, tentu membuat Anda merasa kesulitan dan akhirnya memakan waktu yang lama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apalagi, proses bea cukai hingga aturan barang sangat dibatasi di Indonesia. Hal ini berbeda, bila Anda mempercayakannya kepada jasa forwarder import karena segala proses pengiriman akan ditangani oleh mereka. Jadi, Anda hanya tinggal menunggu barangnya sampai ke lokasi tujuan saja.

 

2.    Proses Pengangkutan Barang Lebih Aman Menggunakan Asuransi

Proses pengiriman barang, baik dalam negeri hingga luar negeri terkadang membuat Anda merasa waspada. Sebab, barang yang akan dijual kembali harus memenuhi standar. Jika barang yang dikirim rusak dan tidak layak, tentu akan merugikan bisnis Anda. Untuk menghindari kerugian, Anda bisa memanfaatkan jasa forwarder. Umumnya, forwarder akan menyortir barang ke dalam jenis tertentu agar dikemas sesuai kebutuhannya. Barang yang mudah rusak atau pecah belah akan dikemas berbeda dengan barang yang tidak mudah rusak. Oleh sebab itu, pihak forwarder akan menyediakan jaminan asuransi kerusakan barang. Asuransi ini digunakan sebagai bentuk tanggung jawab dari pihak forwarder terhadap kerugian atas barang yang dikirim ke perusahaan Anda.

 

3.    Harga Pengiriman Jasa Forwarder Kompetitif

Jasa forwarder China ke Indonesia kini semakin berkembang setiap tahunnya. Sebab, para perusahaan skala besar pasti membutuhkan pengiriman barang dalam jumlah yang relatif besar, baik lokasi tujuan maupun waktu pengiriman. Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan mulai menggunakan forwarder sebagai penyedia jasa impor barang. Apalagi, jasa forwarder memiliki harga yang kompetitif, tentunya akan membantu menekan biaya pengiriman yang cukup besar.

 

4.    Proses Pengiriman Menjadi Lebih Praktis

Kehadiran jasa forwarder sangat membantu proses pengiriman barang. Mengapa? Karena Anda tinggal menyerahkan semua urusan kepada pihak forwarder. Anda hanya perlu menunggu barang yang dikirim sampai ke alamat tujuan, sehingga bisa berfokus pada masalah lain dalam menjalankan bisnis Anda.

 

5.    Membantu Melakukan Pembayaran Kepada Penjual

Seringkali terjadi perbedaan mata uang dalam kegiatan impor bisa menjadi kendala saat proses pembayaran. Dengan menggunakan jasa forwarder terpercaya, mereka akan membantu melakukan pembayaran khususnya mata uang China atau Yuan. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan dalam mengatasi masalah tersebut.

 

Lalu, Bagaimana Memilih Jasa Forwarder Terpercaya, Tepat & Professional 

 

Memilih sebuah jasa atau layanan yang terpercaya, memang tidak mudah. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan internet guna mencari pihak forwarder yang profesional juga kompeten. Setiap jasa forwarder pasti mempunyai halaman website yang bisa dikunjungi. Melalui website tersebut, Anda bisa melihat ulasan pelanggan yang sudah menggunakan jasa tersebut (review).

Solusinya terbaik Anda bisa menggunakan layanan dari Natindo Cargo untuk mempermudah proses impor. Melalui NATINDO CARGO di website, Anda bisa melihat live tracking barang, layanan customer service selama 24 jam, biaya all in, dan proses pengiriman yang cepat. Proses tracking menjadi lebih mudah dan aman pastinya.

Dengan menggunakan jasa yang cepat, tepat juga professional pastinya memudahkan proses bisnis Anda hingga sampai ke klien sesuai target yang ditentukan, itulah beberapa keuntungan dari Jasa forwarder China ke Indonesia

 

 

 

 

Bagikan
Konsultasi Gratis Sekarang!