2022-09-30 09:46:31 | Natindo Cargo

Mengenal Seal Container, Berikut Penjelasannya

Seal container merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan ekspedisi baik impor maupun ekspor. Penggunaan Seal container sangat penting untuk menjaga barang agar tetap aman dalam pengiriman khususnya dalam kontainer. Seal container sering disebut suatu pengaman. Untuk meniga Keamanan barang dalam kontainer jelas harus diperhatikan demi menghindari dari hal hal yang tijdvak diharapkan superti kerusakan atau adanya tindaj pencurian. Apalagi saat kontainer dalam proses pengiriman atau berada di lokasi penimbunan peti kemas.

Maka dari itu sebabnya digunakan cara pengaman khusus. Salah satunya dengan pemasangan seal container.Mau tahu informasi selengkapnya mengenai seal container baik fungsi dan jenisnya, berikut ulasan selengkapnya.

 

Pengertian Seal Kontainer : 

Seal container merupakan alat khusus pengaman barang dalam kontainer. Alat seperti gembok pengaman ini juga sering disebut security seal, Hegel container dan peti kemas. Selain untuk mencegah kerusakan dan kehilangan barang alat ini dugnakan untuk menghindari dari praktek bongkar muat barang terlarang atau illegal seperti dengan tujan untuk menyelundupkan barang.

 

Jenis Seal Container : 

 

  1. Bullet Container Seal - Jenis yang satu ini beebentuk seperti peluru, baut atau Botel. Memiliki kekuatan yang besar dan sering digunakan. Pemasangannya hanya tinggal dengan menyatukan dua bagian yang ada dalam segel dan dimasukkan ke subang gagang pintu kontainer. Jenis ini hanya bisa dicabut dengan tang cutter. 
  2. Cable container seal- Jenis kabel ini hadir dengan bentuk fleksibel daripada bolt container seal. Kabel ini mirip dengan gembok yang terbuat dari baja ringan dan dilapisi dengan plastik. Walau begitu pemasangannya juga sangat mudah dengan cara dimasukkan dan dililitkan tengan kabel segel menuju lubang gagang pintu container. 
  3. Plastic Container Seal - Jenis plastik ini bisa dibilang paling mudah dibuka dari jenis lainnya. Bahannya dari plastik yang berfungsi sebagai penanda. Fungsinya sangat mudah dengan melilitkan segel ke lubang pintu container. Jenis ini berfungsi sebagai penanda pengiriman atau identitas kontainer. 
  4. E-seal container - Pada jenis ini terdapat RFID atau Radio Frequency Identification Chip sebagai tempat untuk pemeriksaan bea cukai. Hanya perlu menggunakan scanner untuk prosesnya. 

 

Pemakaian atau cara pengaplikasian ini Seal container sejatinya sangat mudah. hanya perlu dilakukan penguncian pintu kontainer. Anda dapat memasang paa ketua sisi pintu. Jika Anda memakai seal container plastik, Anda tidak perlu memasangkan keduanya cukup pasang di salah satu pintu saja. Untuk jenis berbahan metal atau baja ringan. Lebih baik dipasang di dua segel pintu container bisa menjadi gembok pengaman container. 

 

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Kenali Perbedaan Jasa Pengiriman Logistik dan Freight Forwarding
Baca Selengkapnya
Kenali Konsep Tujuan, Cara kerja & Jenis Kuota Impor
Baca Selengkapnya
Ide Packing Barang Untuk Bisnis Impor Anda
Baca Selengkapnya
Perbedaan Door To Door & Port To Port
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!