2024-04-23 13:42:24 | Natindo Cargo

Mengenal Istilah Demurrage Dalam Kegiatan Impor

Bisnis impor bisa menjadi ladang yang sangat menggiurkan Sahabat Impor. Praktik perdagangan Antar-negara memang kompleks namun peluang keuntungan yang bisa diperoleh secara umum merupakan hal yang sangat penting. Namun perlu juga bersiap untuk menerima resiko tertentu, seperti Demurrage. 

Mengenal Kegiatan Demmurage 

Demmurage biasanya terjadi ketika melakukan bisnis Impor. Jadi agar tidak terjadi dan terjebak dalam overhead ini mari simak penjelasan definisi berikut ini.

Isitlah Demurrage dapat berarti biaya denda yang harus dibayar oleh penerima barang atau pengirim atas keterlambatan pengembalian peti kemas. Demurrage data diterapkan pada penerima barang atau pengirim. Denda ini merupakan kompensasi bagi pemilik kapal peti kemas. Hal ini terjadi karena peti kemas sebagai penyewa telah melanggar batas waktu bongkar muat. 

Pemilik kapal berhak mendapatkan ganti rugi apabila posisi peti kemas yang seharusnya dibongkar masih berada di atas kapal sampai waktu bongkar muat yang telah disepakati. Sebagian besar jalur pelayaran memberikan waktu bongkar muat peti kemas estimasi antara 7 - 10 hari. Estimasi waktunya setelah pengangkut sudah tiba di Pelabuhan. Sebelum berakhirnya jangka waktu tersebut pengguna jasa angkutan peti kemas harus mengembalikan peti kemas dalam keadaan kosong atau sudah dibongkar. 

Pemilik barang sebagai penyewa tidak membongkar muatan dalam waktu yang telah disepakati maka harus membayar denda atau kompensasi. Besarnya demurrage data bervariasi tergantung dari penentuan perusahaan jasa impor tersebut. Maka dari itu kerugian dari demurrage merupakan meningkatnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. 

Denda ini juga diberitahukan dan dinyatakan dengan jelas dalam perjanjian kontrak kerja sama ketika kedua bela pihak sepakat untuk menggunakan jasa transportasi laut. Meskipun kedua bela pihak yaitu Perusahaan dan juga pengguna peti kemas sebagai konsumen jasa pengiriman telah sering bekerja sama, seringkali akan ada jangka waktu yang terlibat dalam waktu aktual yang telah disepakati. 

Jangka waktu yang diperbolehkan ini juga sangat bervariasi dan merupakan kebijakan dari perusahaan pelayaran. Ada juga perusahaan yang memberikan masa tenggang 10 hari, namun ada juga yang memberikan hingga 21 hari. Tenggang waktu ini biasanya diberikan ketika kargo yang dikapalkan memerlukan proses administrasi atau inpeksi yang menyebabkan peti kemas tidak dapat dibuka juga dibongkar. 

Contoh Perlindungan Demurrage : 

Setelah mengetahui pengertian demurrage, Anda juga perlu mengetahui perhitungan terjadinya pungutan ini. Sebab jika hanya mengetahui artinya saja, penjelasannya nanti akan kurang jelas. Misalnya beberapa peti kemas dibongkar dari kapal pada 1 November dan penerima bisa mengambil peti kemas pada tanggal 8 november. Kami memberikan asumsi standar bahwa hari bebas yang diberikan adalah 7 hari. 

Hari bebas yang disediakan oleh perusahaan berbeda dengan hari bebas Pelabuhan. Hari bebas berakhir pada 10 November. Akibatnya kontainer akan ditahan di Pelabuhan selama 11 hari. Jadi 11 hari dikurangi 7 hari berarti peti kemas telah melampaui masa tinggalnya selama 4 hari. Setelah itu perusahaan pelayaran akan menagih penerima barang sekitar 4 hari sebelumnya dengan nilai tukar yang telah ditentukan sebelumnya. 

Menurut definisi demurrage biaya ini tidak harus dibayar oleh perusahaan karena banyak perusahaan pelayaran yang bersedia meringankan biaya tersebut. Dengan pengurangan ini tentunya jumlah total yang harus  dibayarkan akan menjadi lebih sedikit. 

Alasan Pemberian Suatu Biaya Demurrage : 

Anda mungkin ingin bertanya tanya mengenai biaya tersebut harus dibebankan kepada perusahaan. Biaya perawatan mulai dari tangki hingga perbaikan membutuhkan biaya operasional transportasi sekitar 20%. Peti kemas dalam armada kapal mereka hanya menghasilkan pendapatan nantinya. Jika melihat contoh dan definisi demurrage diatas, satu kontainer melebihi batas penggunaan 11 hari. Artinya container ini tidak akan menghasilkan income selama 11 hari tersebut. 

Pemberian demurrage ini merupakan cara perusahaan memberikan kompensasi kepada kapal yang tidak melaut karena masih harus mengambil barang. 

Tentu saja jika tidak ada biaya yang dibebankan dan dilakukan overstay selama berhari hari atau berbulan bulan. Hal ini akan mengakibatkan kerugian individu bagi Perusahaan. Perusahaan tidak menghasilkan pendapatan lain. Berlawanan dengan adanya pembebanan demurrage bahkan jika kelebihan ini akan diproses selama berbulan bulan maka perusahaan akan memperoleh pendapatan setelahnya. Hal ini terjadi supaya perusahaan tersebut tidak mengalami kerugian lumayan besar. 

Tips Menghindari Demurrage : 

Sebenarnya ada beberapa cara perusahaan data menghindari demurrage. Setidaknya biaya tersebut dapat diminimalisir agar operasional perusahaan Anda tidak memburuk. 

  1. Memperbaiki Management : Jika Anda paham mengenai definisi demurrage, pastika untuk meningkatkan aspek management dalam pengiriman juga menghindari management yang rumit dan memakan waktu. Dampaknya jika manajemen Anda rumit dan kepadatan pelabuhan tinggi tentu waktu bongkar muat barang akan menjadi proses yang lama. 
  2. Perbaikan Kontrak : Faktor birokrasi berlebihan atau kendala lain bisa menghambat proses bongkar muat dapat dipertimbangkan untuk mengubah atau perbaikan kontrak dengan perusahaan pelayaran. Situasi tersebut dapat didiskusikan di awal agar kedua bela pihak bisa menyadari kesulitan atau tantangan yang mereka hadapi sejak awal. Kontrak yang jelas yang dibuat atas dasar kesepakatan bersama akan menguntungkan kedua bela pihak. 
  3. Memperbaiki SOP :  SOP atau prosedur standar data menggangu proses bongkar muat, sehingga proses bongkar muat menjadi lebih lama. Dalam hal ini SOP perlu diperbaiki berdasarkan bagian penyebab masalah tersebut.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu menghitung waktu standar berdasarkan ramalan cuaca. Tetap waspada juga hati-hati  diambil untuk memastikan bahwa cuaca buruk diperkirakan sejak awal, dengan resiko ketinggalan waktu standar dan waktu bongkar muat yang diperlukan. 

Kesimpulan :  Meskipun hal sepele dalam sebuah bisnis, namun demurrage bisa memberikan biaya operasional yang cukup besar. 

 

Baca Juga: Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Standar Operasional Packing Barang Untuk Kualitas Terbaik Pengiriman Dari China – Indonesia
Baca Selengkapnya
Tips Import Aksesoris Mobil Terbaik
Baca Selengkapnya
Metode Baru Cara Pengiriman & Pembayaran Barang Import
Baca Selengkapnya
Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!