2024-01-29 15:23:14 | Natindo Cargo

Kenali Ragam Jenis Pesawat Kargo & Persyaratan Dokumen Pengiriman

Pesawat kargo merupakan salah pesawat yang sering digunakan dalam transportasi udara khususnya pengiriman kargo, transportasi udara mempunyai fungsi serta jenis yang beragam, tidak hanya digunakan untuk keperluan komersial tetapi juga digunakan untuk keperluan non komersial, Anda bisa mengetahui mana pesawat komersial atau non komersial salah satunya dengan melihat desain pesawatnya.

 

1. Jenis-Jenis Pesawat Kargo :  

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pesawat kargo? 

Pesawat kargo merupakan salah satu jenis pesawat yang digunakan untuk mengangkut barang atau mengangkut komoditas lain, karena mengangkut barang atau komoditas tentu saja pesawat jenis ini tidak diperkenankan membawa penumpang, seperti yang terjadi di masa pandemi beberapa waktu belakangan ini, tidak sedikit maskapai yang memanfaatkan pesawat untuk mengangkut barang.

Selama masa pandemi tuntutan akan penggunaan pesawat kargo barang menjadi lebih besar daripada permintaan angkutan udara, lewat perkembangan tersebut Kementerian Perhubungan kemudian mengeluarkan aturan mengenai pelaksanaan membawa barang kargo dengan memanfaatkan pesawat penumpang, karena pesawat penumpang tidak didesain khusus untuk membawa kargo sehingga diperlukan aturan lebih detil agar keselamatan penerbangan tetap terjaga.

Tahukah Anda jenis pesawat kargo yang difungsikan untuk mengangkut barang? Beberapa diantaranya bahkan mempunyai bentuk yang unik dan memiliki ukuran yang lebih besar dari kebanyakan pesawat komersial lain.

 

A. Boeing 747 Dreamlifter :

Sudah pernah mendengar jenis pesawat yang satu ini? Pesawat yang mempunyai panjang kurang lebih 71 meter ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2006, pesawat Dreamlifter pertama meluncur di hanggar Bandara Internasional Taoyuan, Boeing 747 Dreamlifter mempunyai berat kosong mencapai 180 ton  dengan daya beban maksimal mencapai 364 ton.

 

B. Lockheed C-5 Galaxy:

Pesawat Lockheed C-5 Galaxy digunakan khususnya untuk keperluan di bidang militer angkatan udara AS, memiliki panjang 75 meter dengan kecepatan maksimum 855 km per jam, tidak heran jika C-5 mampu mengangkut tank militer, selain digunakan oleh angkatan udara AS Lockheed C-5 Galaxy juga digunakan untuk mendukung bantuan kemanusiaan atau bencana.

 

C. Airbus A300-600ST :

Pesawat kargo selanjutnya adalah Airbus A300-600ST dari pabrikan konsorsium Eropa Airbus, banyak yang menyebut airbus ini dengan sebutan Beluga mengingat bentuknya mirip seperti ikan paus Beluga, bentuk seperti ikan Beluga dengan tambahan ornamen mata dan senyuman cukup membuat banyak orang jatuh hati, maka dari itu kebanyakan menyebut pesawat kargo ini sebagai Airbus Beluga XL.

Airbus Beluga mampu terbang dengan kecepatan 737 km/jam serta mampu mengangkut beban mencapai 50 tahun, pesawat kargo Beluga biasanya digunakan untuk membantu mengangkut komponen pesawat Airbus yang tengah diproduksi di sejumlah negara Eropa.

 

D. Antonov AN-124 Ruslan : 

Saat ini jenis pesawat Antonov AN-124 merupakan salah satu jenis pesawat kargo terbesar di dunia, pesawat angkut militer dikenalkan pada tahun 1986 ini masih beroperasi dan digunakan oleh Russian Air Force, panjang Antonov AN-124 yaitu 68,96 meter dengan kecepatan maksimalnya 865 km/jam, AN-124 Ruslan telah mengantarkan muatan ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia.

 

 

2. Penerbangan Khusus Kargo :

Lalu, bagaimana pesawat kargo di indonesia? Angkutan udara kargo memang banyak dipilih untuk mengirimkan barang dengan waktu yang lebih cepat, Anda bisa melakukan pengiriman kargo udara ke berbagai daerah selama daerah yang dituju mempunyai lapangan udara.

Di Indonesia sendiri ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan layanan kargo untuk mengirim barang dengan cepat dan aman, namun untuk mengirim barang melalui pesawat kargo indonesia terdapat ketentuan yang harus dipenuhi, jadi Anda perlu mengetahui jenis komoditas yang ingin dikirimkan; durasi perjalan serta biaya yang dibutuhkan, barang yang dianggap beresiko seperti bahan kimia; barang yang mudah terbakar dan rusak tidak bisa diangkut menggunakan kargo udara.

 

3. Dokumen Pengiriman Barang :

Sebelum mengirimkan barang antar negara Anda perlu melengkapi dokumen pengiriman terlebih dahulu, tidak hanya mengirim melalui kargo udara saja tetapi mengirim melalui laut dan darat juga perlu adanya dokumen, semua jenis barang kiriman untuk keperluan dagang atau tidak diperdagangkan tetap masuk dalam kategori kargo.

Anda yang ingin mengirim barang tapi bingung menggunakan layanan yang tepat, bisa berkonsultasi dengan jasa forwarder import Natindo Cargo, Natindo Cargo merupakan perusahaan freight forwarding yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun menghubungkan pengiriman logistik antar negara, agen serta warehouse telah tersebar ke berbagai negara seperti China, Hongkong, Korea, Taiwan, Thailand juga Singapura dan negara lain.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis untuk solusi bisnis impor Anda jadi tidak perlu khawatir jika Anda masih belum paham dengen skema impor barang.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Kubikasi Agar Import Semakin Mudah

Bagikan

Artikel Terkait

Marketplace Asal China yang Paling Populer | Natindo Cargo
Baca Selengkapnya
Jangan Salah Pilih Jasa Forwarder Percayakan Dengan Tim Profesional Kami
Baca Selengkapnya
Mengenal AliPay dan Cara Daftar Akunnya di Indonesia
Baca Selengkapnya
Intip Marketplace Online Luar Negeri yang Bisa Kirim Barang ke Indonesia
Baca Selengkapnya
5 Jenis Mainan Impor dari China yang Paling Laku di Indonesia
Baca Selengkapnya
Berbagai Pilihan Pusat Grosir Terlengkap Di China
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!