2022-06-15 09:30:16 | Natindo Cargo

Fungsi Dan Pekerjaan Gudang Di Industri Kargo

Gudang atau Warehouse dalam dunia ekspedisi merupakan tempat dimana barang-barang yang akan dikirimkan ditempatkan di dalam satu ruangan besar. Biasanya di dalam gudang juga tersimpan bahan baku, bahan setengah jadi, dan juga barang jadi. Dengan kata lain gudang berarti tempat penyimpanan barang sebelum barang dikirimkan ke lokasi tujuan. Warehouse juga disebut tempat untuk menyimpan bahan yang belum jadi dan barang jadi.

 

Di dalam dunia ekspedisi gudang memiliki peran penting agar barang yang diterima oleh perusahaan jasa pengiriman bisa didata dengan baik. Selain itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengiriman barang yang sudah diterima. Tidak hanya memiliki dua fungsi itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai terminal konsolidasi.

 

Terminal konsolidasi merupakan warehouse berfungsi sebagai tempat berkumpulnya barang yang berasal dari berbagai macam lokasi (produsen di suatu daerah) untuk dikirimkan ke lokasi lain (konsumen di suatu kota). Bisa dibilang juga disini warehouse memiliki peran penting untuk mengatur keluar masuknya barang sebelum dikirimkan ke lokasi masing-masing.

 

Biasanya perusahaan jasa ekspedisi tidak hanya menangani satu konsumen saja, bisa mencapai dua bahkan tiga pelanggan. Oleh karena itu peran gudang sangat penting bagi perusahaan jasa ekspedisi karena bisa dijadikan tempat persinggahan barang sebelum dikirimkan kepada pelanggan.

 

Berikutnya fungsi warehouse sebagai pusat distribusi. Ini dimaksudkan gudang sebagai tempat mengumpulkan barang yang sudah diterima dari beberapa pengirim untuk segera didistribusikan kepada penerima di berbagai macam lokasi. Dengan fungsi ini biaya pengiriman diklaim akan lebih murah dibandingkan dengan pengiriman langsung dari lokasi asal menuju lokasi tujuan.

 

Selanjutnya warehouse sebagai tempat break-bulk operation. Break-bulk artinya sebagai proses memecah barang besar menjadi barang yang lebih kecil. Jika proses ini dikaitkan dengan gudang di dalam dunia ekspedisi bisa diartikan sebagai proses untuk memecah barang yang bervolume besar menjadi bagian kecil. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya pengiriman dan tidak menggunakan tempat (storage) yang begitu banyak.

 

Seperti saja pengiriman barang dari suatu pabrik dengan volume yang besar dan memakan tempat. Sebelum barang itu dikirim, pasti di warehouse jasa pengiriman ekspedisi jika dimungkinkan barang tersebut akan dipecah atau dibagi menjadi beberapa bagian kecil. Tujuannya untuk memperkecil volume barang dan membuat banyak jarak di dalam armada pengiriman.

 

Fungsi gudang sebagai tempat in-transit mixing. maknanya? Dalam hal ini gudang berfungsi sebagai tempat untuk kombinasi suatu barang. Sehingga ketika sampai ke pelanggan, barang yang diterima sudah terkombinasi dengan baik. Sebagai contoh adalah pabrik X menghasilkan berbagai macam produk. Dan pelanggannya meminta barang yang dihasilkan pabrik yang dikombinasikan sehingga pelanggan bisa memasarkan banyak produk dari pabrik tersebut.

 

 

Namun in-transit mixing biasanya terjadi di warehouse dari pabrik tersebut. Jadi ketika barang yang sudah dikombinasikan tersebut sudah siap dikirim, pihak jasa pengiriman tinggal melakukan pengiriman ke lokasi yang dituju. Namun tidak menutup kemungkinan juga kegiatan in-transit mixing dilakukan di gudang penyimpanan jasa ekspedisi.

 

Terakhir adalah gudang sebagai tempat cross-dock operation. Maksudnya adalah warehouse digunakan sebagai tempat untuk langsung mengirimkan barang dari satu titik lokasi penjemputan ke lokasi pengiriman. Sebagai contoh warehouse pabrik tersebut langsung mengirimkan barangnya ke resellernya di suatu lokasi tertentu tanpa melalui gudang penyedia layanan ekspedisi.

 

Bagikan
Konsultasi Gratis Sekarang!