2024-02-05 16:13:42 | Natindo Cargo

5 Alasan Konsumen Lebih Memilih Produk dari China

Beberapa dari Anda mungkin seringkali menemukan produk yang bertuliskan made in China. Banyak produsen yang memilih barang dari China lantaran dianggap lebih murah dan dapat menghasilkan untung banyak. 

Produk-produk dari China memang dikenal karena mempunyai ekosistem bisnis yang kuat. Selain itu, upah pekerja di China menurut berbagai sumber masih rendah. Hal lain yang membuat ekosistem bisnis yang kuat di China adalah kebijakan pajak ekspor. Ya, China menerapkan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar nol persen.

Hal-hal di atas membuat pasar ekspor China lebih mudah dan mendukung para pebisnis lokal di sana. Makanya, Anda dapat menemukan berbagai produk buatan China di mana saja. Tidak terkecuali di Indonesia.

Lantas, apa alasan konsumen lebih memilih produk dari China dibanding produk dari negara lain atau bahkan produk lokal?

 

Kelebihan Produk dari China

Terdapat berbagai alasan yang membuat konsumen lebih memilih produk dari China. Alasan ini tidak lain adalah kelebihan yang terdapat pada produk buatan China. Berikut ini adalah beberapa kelebihan tersebut:

1. Kualitas Produk

Meskipun barang dari China memiliki harga yang lebih murah, kualitas produknya pun masih dapat disandingkan dengan negara lain. Tidak semua produk dari China memiliki kualitas yang buruk. Jadi, bila terdapat barang yang lebih murah dengan kualitas barang yang sama dengan produk lainnya maka tentu saja orang-orang akan memilih barang lebih murah tersebut. 

Semua produk pun dapat dipastikan telah melewati proses quality control guna mendapatkan produk ekspor terbaik. 

2. Harga Murah

Banyak produk dari China memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk serupa lainnya. Hal ini membuat banyak konsumen yang lebih memilih produk dari China. Selain itu, harga yang murah meria membuat konsumen lebih jatuh hati pada produk-produk negara tirai bambu ini. 

Bahkan, beberapa orang akan menjual kembali produk-produk tersebut sehingga menghasilkan profit yang lebih besar. 

3. Produk Relatif Awet

Didukung dengan kualitas produk yang baik, produk-produk dari China relatif bertahan lama.  Konsumen biasanya akan membeli barang dengan harga yang murah, tetapi memiliki kualitas yang sangat baik. 

Tidak heran bila banyak konsumen yang menyukai produk-produk buatan China. Produk-produk tersebut telah terjamin dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Risiko mendapatkan produk yang cacat pun akan berkurang lantaran memiliki kualitas yang baik.

4. Produk Dapat Dijual 

Kelebihan lainnya yang membuat konsumen lebih memilih barang dari China adalah produk yang dapat dijual kembali. Produk-produk China yang memiliki harga murah dengan kualitas yang bersaing menjadikan keuntungan yang akan didapatkan semakin tinggi. 

Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar bisa dapat menjual produk-produk tersebut. Proses balik modalnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama lantaran pemenuhan kebutuhan akan pasar biasanya cepat. Selain itu, perputaran uang pun bisa jadi mulus bila Anda memilih melakukan impor barang dari China.

5. Produk yang Beragam

Produk-produk dari China biasanya memberikan inovasi baru untuk menarik konsumen sedangkan produk lokal biasanya belum dapat membuat inovasi baru. Anda dapat memperhatikan, saat ini terdapat berbagai macam produk-produk yang selama ini mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa produk tersebut ternyata dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah yang disebut inovasi. Produk sekecil apa pun bila ternyata dibutuhkan konsumen makan akan tetap dibeli. Mungkin bagi orang lain tidak dibutuhkan, tetapi Anda mungkin saja membutuhkannya. Hal ini yang membuat konsumen lebih tertarik dan memilih produk dari China.

 

Nah, itu dia beberapa keuntungan yang menjadi alasan konsumen lebih memilih produk dari China. Salah satu produk buatan China yang paling banyak digemari adalah barang elektronik. Sebut saja seperti laptop, powerbank, ponsel, ac, televisi dan lain sebagainya. Apakah Anda juga tertarik dengan produk buatan China?

 

Baca Juga: Panduan Import Barang dari China Untuk Para Pemula

 

Bagikan

Artikel Terkait

4 Cara Bayar Pajak Impor dari Alibaba
Baca Selengkapnya
Cara Impor Mainan Anak dari China
Baca Selengkapnya
FCL dan LCL dalam Dunia Ekspedisi: Pengertian dan Perbedaannya
Baca Selengkapnya
Mengapa Produk dari China Bisa Lebih Murah?
Baca Selengkapnya
Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Agar Bisnis Makin Lancar
Baca Selengkapnya
Berbagai Pengaruh Faktor Impor
Baca Selengkapnya
Konsultasi Gratis Sekarang!